Iklan
Ahmad Sulton. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun akan segera melakukan pemuktahiran data Pemilih 2019 melalui petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Proses pencocokan dan penelitian (coklit) untuk Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) secara serentak di 12 kecamatan se-Kabupaten Karimun.

“Petugas Pantarlih kita terjunkan sekitar 800 orang, sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Mereka mulai turun 17 April hingga 16 Mei,” kata Ketua KPU Karimun Ahmad Sulton, Rabu (11/4).

Ia menyebutkan bahwa saat ini ada tiga wilayah yang masih dalam perhitungan. Diprediksi jumlah TPS akan mencapai 800. Sebelumnya pada Pemilu 2014 lalu ada 491 TPS, kemudian Pilkada 450 TPS. Untuk jumlah DP4 yang dikeluarkan dari pusat mencapai 183.998 ribu pemilih. Dalam melakukan coklit petugas Pantarlih akan berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

Pendataan tersebut meliputi pencatatan pemilih apakah memenuhi persyaratan. Kemudian juga mencoret nama pemilih yang telah meninggal, atau pindah domisili keluar daerah dan sebagainya.

“Pantarlih nantinya membawa form AA KPU sebagai bukti sudah melakukan coklit. Bagi pemilih yang sudah didata akan ditempel stiker model AA2 dari KPU. Walaupun petugas Pantarlih sudah bekerja nantinya, pihak KPU Karimun tetap mengimbau kepada seluruh masyarakat, apabila belum didata Pantarlih agar segera melapor ke PPS maupun PPK dan KPU.

“Biasanya yang menjadi selisih pendapat adalah jumlah pemilih bagi peserta Pemilu. Yang jelas kita sesuai dengan aturan yang berlaku dan data yang sudah dikirim dari KPU Pusat,” tegasnya.(tri)

Advertisement
loading...