Selasa, 19 Maret 2024

Taman Rusa Akan Jadi Destinasi Wisata

Berita Terkait

foto: rifki / batampos

batampos.co.id – Taman Rusa di Sekupang akan menjadi target Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata baru. Taman ini terkenal karena merupakan tempat penangkaran Rusa Totol dan juga sebagai lokasi jogging track yang sering dikunjungi masyarakat Batam.

“Kami sudah membicarakannya dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mengembangkannya sebagai destinasi wisata. Taman Rusa memiliki keunikannya sendiri makanya punya potensi yang bagus,” kata Direktur Pengembangan Aset BP Batam Dendi Gustinandar, Rabu (11/4) di Gedung BP Batam.

Rusa Totol yang memiliki nama latin Axis Axis ini didatangkan dari Kebun Raya Bogor. Saat ini jumlahnya ada 25 ekor yang dijaga oleh sekitar lima petugas disana.

Rusa ini berasal dari India dan memiliki ciri khas memiliki bintik-bintik putih di tubuhnya. Perilakunya sangat jinak dan gampang mendekat saat diberi makan oleh manusia.

“Tahap pengembangannya itu yang kami fokuskan. Karena selain bisa menjadi lokasi jogging favorit, juga bisa menjadi Kebun Raya Mini seperti di Bogor,” ujarnya.

Tempat penangkaran rusa ini juga dilintasi oleh jogging track yang lumayan panjang dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk sekadar olahraga pagi. Disamping itu, ada pondok peristirahatan di tengah lokasi. Suasananya cukup nyaman dan tenang.

Untuk bisa mencapainya, pengunjung bisa memasukinya melalui jalan masuknya dari gudang logistik Otorita Batam yang berada di jalan Dr Cipto Mangunkusumo. Jalan ini merupakan jalan menuju rumah sakit Otorita Batam. Tak lama setelah memasuki jalan tersebut, maka plang nama bertuliskan Taman Rusa Sekupang akan terlihat.

Salah seorang pengunjung, Desi Ariyanti mengatakan tiap sore usai kerja ia selalu memanfaatkan waktu luang untuk mengunjungi Taman Rusa. Tujuannya hanya untuk menenangkan diri sekaligus melihat rusa-rusa.

“Saya rutin mengunjunginya karena waktu melihat rusa-rusa disini bisa memperbaiki mood lagi. Lagipula suasananya tenang disini,” katanya.(leo)

Update