Iklan
Kasubdit Satpam AKBP Rudi Syahriadi Idris, Kasi Pelatihan Disnaker Kota Batam Syamsu Rizal, Direktur Utama PT Putra Tidar Perkasa Dwifung Wirajaya Saputra, Direktur Keuangan PT Putra Tidar Perkasa Imron Nur Novianto serta para instruktur pelatih dari Binmas Polda Kepri dan PT Putra Tidar Perkasa foto bersama para peserta pelatihan Gada Pratama. | Supar untuk Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Seksi Pelatihan Disnaker Kota Batam Syamsu Rizal membuka secara resmi pelatihan Gada Pratama yang diadakan Dinas Tenaga Kerja Kota Batam yang bekerjasama dengan PT Putra Tidar Perkasa di Asrama PIH, Senin (16/4). Acara yang dilaksanakan selama 10 hari dan diikuti oleh 18 orang calon anggota Satuan Pengamanan (Satpam) ini akan dilaksanakan di PTP Training Centre.

Syamsu Rizal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diadakan agar para calon tenaga kerja mendapatkan kesempatan belajar dan melatih diri sehingga memiliki keterampilan dan keahlian sebagai seorang tenaga pengamanan atau Satpam.

“Tujuan lain dari kegiatan ini untuk untuk menghasilkan Satpam yang memiliki sikap mental yang baik serta berkarakter dan bermartabat dalam melakukan tugasnya di lapangan kelak ketika bekerja,” kata Rizal.

Dari kegiatan ini Rizal juga berharap agar setiap peserta dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Supaya dapat menjadi Satpam yang memiliki kompotensi dan bisa disiplin, jujur, memiliki sikap dan mental yang baik.

“Ada sekitar 28 ribu pengangguran di Batam yang menjadi kendala terbesarnya adalah karena kurangnya kompetensi dan skill dari para pencari kerja tersebut. Oleh karena itu, Disnaker Batam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan mengembangkan kompetensi para pencari kerja yang salah satunya adalah pendidikan Gada Pratama ini,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Putra Tidar Perkasa (PTP), Dwifung Wirajaya Saputra mengatakan, PT PTP ditunjuk sebagai penyelenggara karena selain sebagai Badan Usaha Jasa Pengamanan ( BUJP ) juga memiliki izin sebagai Badan Usaha Jasa Pendidikan dan Pelatihan Pengamanan ( BUJPP ) dari Mabes Polri.

“Kami berkomitmen menciptakan Satpam-Satpam yang terampil, disiplin, jujur, rajin dan berdedikasi tinggi dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya,” kata Dwifung.

Dwifung menambahkan, dalam pelatihan ini para peserta akan diberikan materi sebanyak 70 persen teori dan 30 persen praktek. Dalam pendidikan ini PT PTP akan menurunkan instruktur dari Polda Kepri yang sudah memiliki kompetensi dalam pelatihan Gada Pratama. “Sehingga para peserta yang selesai mengikuti pendidikan ini dapat bekerja menjadi seorang satuan pengaman yang sah,” kata Ifung.

Dirbinmas Polda Kepri Kombes Pol Drs Sunarwan Sumirat dalam amanat yang dibacakan oleh Kasubdit Satpam Polda Kepri AKBP Rudi berpesan agar seluruh peserta melaksanakan kegiatan pelatihan ini dengan sungguh sungguh, tidak hanya mengejar sertifikat saja namun yang terpenting adalah ilmu serta keterampilan yang diberikan.

“Saya harapkan para peserta dapat menyerap ilmu dan keterampilan yang akan diberikan selama 10 hari ini sehingga dapat diaplikasikan dalam tugas yang nantinya dilakukan setelah selesai melaksanakan pelatihan,” katanya. (iwa)

Advertisement
loading...