Jumat, 29 Maret 2024

Disperkimtan Rampungkan Desain Taman Kota

Berita Terkait

Warga melakukan aktifitas olahraga pagi di Taman Gajah Mada Tiban, Sekupang | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perumahan Rakyat. Permukiman dan Pertamanan Kota Batam telah merampungkan desain taman yang akan dibangun oleh Pemerintah Kota Batam. Taman sepanjang kurang lebih tiga kilometer yang berada di sisi jalan Simpang Jam menuju Simpang Kabil akan mulai ditanami akhir April mendatang.

“Desain tinggal finalisasi saja. Sekarang tinggal berkoordinasi dengan OPD terkait,” Kata Pelaksana Tugas Eryudhi Apriadi, Senin (16/4/2018).

Ia menjelaskan taman kota akan berada di sisi kiri dan kanan jalan. Penanaman pohon tersebut akan dilakukan serentak dari semua OPD akhir April mendatang. Yudhi menyebutkan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan BP Batam serta Satker Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pedagang tanaman yang ada di sepanjang jalan.

“Ada kurang lebih 50 pedagang yang berjualan di dekat lokasi yang akan kami jadikan taman kota. Nanti bersama camat kami akan bahas pemindahan mereka,” ujarnya.

Pihaknya juga harus memastikan lahan yang akan ditanama nanti tidak akan terdampak pelebaran jalan di masa mendatang. Ia menyebutkan sebelumnya jalan sudah dihiasi taman jalan tersebut. Namun skala taman kota ini jauh lebih panjang yakni mencapai tiga kilometer.

Taman ini akan menjadi penghias jalan yang ada di sepanjang jalan dari Simpang Jam menuju Simpang Kabil. Apalagi tahun depan kalau tidak ada masalah Pemko Batam mendapatkan bantuan tambahan satu lagi jalan layang.

“Iya semoga tak ada halangan, akhir bulan ini kami sudah tanam. Kemarin tim juga sudah turun ke jalan memastikan lokasi taman kota ini,” tutupnya.

Sebelumnya Wali Kota Batam, Muhammad Rudi berkeinginan menciptakan suasana taman untuk menghiasai jalan Batam. Rudi meminta seluruh OPD berpartisipasi dalam penanaman pohon taman kota ini.(yui)

Update