Jumat, 29 Maret 2024

Silaturahmi Darma Wanita Kanpel ke Batam Pos

Berita Terkait

foto: cecep mulyana / batampos

batampos.co.id – Dharma wanita Kantor Pelabuhan Batam mengunjungi Redaksi Batam Pos di Gedung Graha Pena lantai 2, Batamcenter, Selasa ( 17/4). Selain untuk bersilaturahmi, rombongan ini juga ingin tahu seperti apa alur kerja redaksi Batampos hingga berita terbit.

Ketua Darma Wanita Kanpel Batam, Romauli Hutapea mengaku ingin tahu bagaimana proses edisi pemberitaan hingga dimuat di koran. Selain itu seperti apa kepengurusan redaksi Batampos, apakah sama dengan perusahaan lainnya.

“Namun tujuan utama kami untuk bersilturahmi. Agar tali kasih antara Batampos dan Darmawanita Kanpel Batam terus berkesinambungan,” terang Romauli kepada Umi Kalsum, Sekretaris Redaksi yang menyambut rombongan ini.

Menurutnya, selama ini ia hanya membaca Batampos tanpa tahu seperti apa proses yang pemberitaan yang terbit. “Sekarang kami jadi tahu seperti apa proses berita hingga terbit di koran,” imbuh Romauli.

Ditempat yang sama, Sekretris Darma Wanita Kanpel Batam, Jahyati djamah juga mempertanyakan ke akuratan berita yang terbit di Batampos. Sebab selama ini pihaknya hanya membac berita yang disajikan Batampos di koran.

“Berapa ke akuratan berita di Batampos,” tanya Jahyati.

Sekretaris Redaksi Umi Kalsum menjelaskan jika proses pemberitaan berawal dari perencanaan reporter dengan koordintor lapangan. Kemudian, reporter pun mencari kebenaran informsi di lapangan untuk kemudian di kroscek kebenarannya. Setelah memastikan kebenaran informsi, barulah berita di ketik untuk kemudian diedit oleh redaktur.

Proses pengeditan pun berlangsung beberapa tahap hingga akhirny dinyatakan layak cetak.

“Berita di Batampos dituntut 100 persen akurat. Jadi ke akuratan itu adalah wajib dan itu ditekankan ke semu wartawan,” pungkas Umi. (she)

Update