Jumat, 19 April 2024

Targetkan Partisipasi Pemilih Pilwako Tanjungpinang ialah 77,5 %

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Pilwako Pinang

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Wali Kota (Pilwako) 27 Juni mendatang mencapai 77,5 persen. Angka ini jauh lebih tinggi ketimbang partisipasi pada Pemilihan Gubernur 2014 yang hanya mencapai kisaran 65-66 persen saja.

Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria optimistis target itu realistis dan akan terpenuhi. Setidaknya ada dua faktor di balik optimisme ini. Pertama, kata Robby, latar belakang masing-masing kandidat calon wali kota.

“Ini bukan tidak mungkin, karena persaingan agak ketat,” tutur Robby, Selasa (17/4) kemarin.

Dengan ketatnya persaingan antar kedua belah pihak ini, sambung Robby, ia meyakini masing-masing tim pemenangan kian intensif mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pilwako nanti.

“Dan semakin penasaran pula masyarakat karena ini,” tutur Robby.

Intensnya ajakan dari tim pemenangan, menurut Robby menjadi faktor pendukung. Dalam meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

Selain itu, faktor kedua adalah sosialisasi yang digencarkan sudah sejak jauh-jauh hari. Robby bahkan menyebutkan bahwasanya sosialisasi Pilwako tahun ini jadi lebih semarak lantaran KPU juga menyentuh pemilih pemula yang persentasenya cukup besar mengacu pada data pemilih yang sudah dikantongi.

“Itulah mengapa kami sekarang rajin turun ke kampus dan sekolah. Kami ingin anak muda Tanjungpinang jadi lebih peduli dan partisipatif dalam Pilkada,” pungkasnya. (aya)

Update