batampos.co.id – All New Ertiga sudah resmi mengaspal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mobil keluarga segmen MPV ini merupakan generasi kedua dari Suzuki Ertiga yang sudah hadir sejak tahun 2012 lalu. Rencananya pertengahan Mei mobil yang dikagumi Presiden RI Joko Widodo saat peluncuran di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4) lalu itu akan segera hadir ke daerah termasuk Kepri.

Iklan

Batam Pos yang ikut menyaksikan peluncuran varian terbaru dari Ertiga itu berkesempatan menjejal kelajuan dan kenyamanan mobil pada acara test drive yang dipandu oleh pihak PT Suzuki Indomobil Motor.

Hadir dengan kabin yang lebih lebar sekitar 13 centimeter dari terdahulunya All New Ertiga terlihat nyaman sebagai mobil keluarga dengan daya muat tujuh penumpang. Roda yang dibekali ring velg 15 centimeter membuatnya cukup menyaman melintasi jalan rintang. Deretan polisi tidur yang sengaja dipasang di lokasi uji coba dapat dilalui dengan nyaman tanpa goncangan keras.

Interior bagian dalam mobil benar-benar memancarkan kesan yang kuat dan elegan dengan kabin yang lebih luas dari pendahulunya. Bagian dashboard juga tampak lebih mewah sebab dipahat lebih halus dan aksen corak kayu besar yang menawarkan keanggunan yang berkelas.

Eksterior luar Platform Heartec generasi terbaru tampil bedah dengan pendahulunya. Panjang bodi yang mencapai 130 mm itu terkesan mewah dengan gril depan yang tampak menawan dipadu garis bahu yang dinamis. Lampu depan mengusung proyektor HD yang lebih terang tentunya. Kaca spion mobil ini juga disematkan lampu sign. Lampu belakang kombinasi LED yang cukup terang namun tidak mengganggu pengguna jalan lain di belakangnya.

Yang lebih hebat lagi untuk tipe GX remote kontrol tidak perlu ditekan untuk membuka pintu mobil. Pengemudi atau pemilik mobil cukup menyimpan remote dalam kantor celana dan mendekatkan remote tersebut ke mobil pintu sudah bisa langsung dibuka. “Tapi harus jarak dekat,” ujar Emil Reza, pemandu di lokasi test drive.

Begitu juga saat berada di dalam mobil, remote kontrol ataupun kunci kontak tak perlu menempel pada bagian kunci kontak mobil. Cukup letakan saja di sekitar mobil, mesin mobil sudah bisa dihidupkan.

foto: eusebius / batampos

“Kalau misalkan saat keluar pengemudinya lupa mengambil remote dan kunci kontak, itu tidak masalah karena pintu tak akan ngelock (terkunci). Ada alarm pengingat juga,” ujar Emil lagi.

Bagian dashboard juga hadir dengan ventilator AC pada bagian bawah. Pengemudi atau penumpang bisa mendinginkan minuman atauapun makanan pada ruangan pendingin yang disediakan di dibawa dashboard tersebut.”Semacam lemari pendingin mini gitu,kata Reza.

Tidak itu saja, sebagai mobil keluaran terbatu, lampu speedometer All-New Ertiga ini bisa disetel terang atau gelap. Teknologi terbaru yang disematkan pada mobil diantaranya Electronic Stability Program (ESP).  Teknologi ini untuk mengatur kecepatan mobil saat berada di tikungan. “Jika kekecencangan di belokan, mobil akan mengatur kecepatan sendiri agar tidak keluar jalur,” tutur Reza.

Untuk bagian keamanan mobil ini tentu dilengkapi dengan airbag seperti terdahulunya serta sistem automatic brake system untuk menjaga keseimbangan mobil saat terjadi rem mendadak.

Bagian dapur pacu All New Ertiga bermesin bensin K15 B yang lebih efisiensi bahan bakar ketimbang mesin K14B pada tipe terdahulunya. All- New Ertiga hadir dengan tiga tipe yakni GA,GL dan GX. Masing-masing tipe terdapat beberapa pilihan warna yakni Magna Grey Metallic, Glorus Brown Pearl Metallic, snow white pearl, radiant red pearl, silky silver metalic, burgundy red pearl dan cool black pearl metallic. (eja)