Wali Kota Batam Muhammad Rudi meninjau pelaksanaan goro di Winsor dalam rangka Hari Peduli Sampah NAsional, Sabtu (21/4) F. Yulitavia/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam melakukan penataan drainase di samping Hotel 89 dan Pasar Penuin, Lubukbaja. Pengerjaan penataan gorong-gorong ini dilakukan guna mengentaskan permasalahan banjir di wilayah tersebut.

Iklan

“Selain pelebaran jalan, kami juga menata drainasenya,” sebut dia, Sabtu (21/4).

Saat ini pengerjaan sudah berjalan 38 persen. Sebelumnya sudah ada dua jalur box culvert yang dipasang, tahun ini ditingkatkan menjadi tiga jalur agar bisa menampung lebih banyak air.

“Jadi saat debit air meningkat tidak meluap ke jalan,” ujarnya.

Pelebaran drainase ini disejalankan dengan pelebaran jalan simpang apartemen Harmoni hingga simpang Baloi Center yang pengerjaanya sudah dimulai tahun lalu.

“Ini merupakan pengerjaan lanjutan. Jadi antara jalan dan drainase keduanya diperbaiki,” lanjutnya.

Selain kawasan Lubukbaja, Dinas BMSDA juga melakukan pelebaran jalan di beberapa titik lainnya. Seperti di depan Edukits Batam Centre. Tepatnya jalur penghubung antara Flyover Simpang Jam dengan Simpang BNI Sei Panas.

Untuk jalur ini, proses yang sedang berlangsung yakni pengaspalan. Yumasnur mengatakan pekerjaan sudah berjalan 35 persen setelah dibeton.

“Kalau pengaspalannya selesai, itu sudah 50 persen,” ujarnya.

Jalur depan Edukits ini dibangun empat dan lima lajur. Dan rencananya dilanjutkan tahun depan. Karena sepanjang jalan itu akan dibuat menjadi enam lajur.

“Sekarang itu kan ada yang empat ada yang lima lajur. Tahun depan kita lanjutkan lagi, dijadikan enam lajur semua,” tutup Yumasnur (yui)