Kamis, 25 April 2024

Dabo Jadi Transit TKI

Berita Terkait

ilustrasi TKI | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Kabupaten Lingga ternyata telah dijadikan tempat transit TKI untuk berangkat kerja di negara Malaysia dan Singapura. Bahkan dari informasi yang diperoleh wartawan koran ini, proses transit TKI di Kabupaten Bunda Tanah Melayu ini lebih dari sepuluh kali.

Selain itu, proses serta pemberangkatan TKI illegal ini terbilang sangat terorganisir. Seluruh pekerja atau TKI berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini saat menginjakkan kaki di Pelabuhan Jagoh dijemput orang tertentu dan menginap di penginapan yang telah disediakan.

Dari informasi yang didapat beberapa waktu lalu, ada empat wanita asal Ciamis, Lampung, Gambir dan Sumenep di salah satu penginapan di Dabo Singkep. Ke empat wanita ini menuturkan bahwa ada koordinasi dengan oknum tertentu di Dabo Singkep.

Selanjutnya seluruh TKI akan diberangkatkan melalui pelabuhan Batam Centre. Sehingga jaringan TKI illegal ini tidak hanya dengan oknum di Dabo Singkep namun juga berkoordinasi dengan pengurus lainnya yang berdomisili di Batam.

Aksi ini juga belum diketahui Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Suharnoko. Dia menyatakan belum mengetahui aktifitas transit TKI di wilayah kerjanya. Namun kedepan Suharnoko berjanji akan mencari tau serta menindak lanjut informasi tersebut untuk mengamankan pelaku serta memproses sesuai hukum.

“Saya belum tau ada tindakan tersebut, jika benar melanggar hukum saya tindak sesuai dengan undang undang yang berlaku,” ujar Suharnoko saat dimintai keterangan, Minggu (22/4) pagi. (wsa)

Update