Kim Jong Un siap meninggalkan pengembangan senjata nuklir (Anadolu Agency)

batampos.co.id – Pemimpin Tertinggi Korea Utara(Korut) Kim Jong Un mengumumkan situs uji coba nuklir di Punggye Ri akan ditutup dan dibongkar.

Iklan

Seperti dilansir The Independent pada Minggu, (22/4), Trump menulis di Twitter-nya untuk memuji pengumuman Kim Jong Un. “Berita yang sangat baik untuk Korut dan Dunia.”

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberikan tanggapan positif. Namun ia menekankan perlunya kewaspadaan untuk melihat apa yang terjadi dalam beberapa bulan mendatang.

Kim tampaknya lebih fleksibel daripada sebelumnya. Pernyataan terakhirnya juga menyuarakan harapan Pyongyang untuk jaminan keamanan pada hari ketika dunia tidak akan memiliki senjata nuklir.

Banyak yang berharap hasil positif datang dari pertemuan puncak Kim dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In yang akan berlangsung Jumat depan. Sedangkan untuk pertemuan dengan Trump, diharapkan pada akhir Mei atau awal Juni.

Hal yang diharapkan oleh warga Korut dan Korsel adalah mengizinkan lebih banyak reuni bagi keluarga yang terpaksa dipisahkan akibat Perang Korea 1950-1953. Kim juga dilaporkan terbuka untuk membebaskan tiga orang Amerika dari tahanan Korut Korea Utara.

Para ahli menunjukkan, ini masih membuka langkah pertama Kim. Mungkin dia akan bersedia menawarkan lebih banyak konsesi setelah pembicaraan yang sesungguhnya dimulai.

Pengumuman itu juga menekankan keinginan Kim untuk mengubah fokusnya ke pembangunan ekonomi. Korut selama beberapa dekade telah mendorong konsep denuklirisasi yang tidak mirip dengan definisi Amerika mengenai konsep itu sendiri.

Sebelumnya, Kim memuji kebijakannya mengembangkan senjata nuklir sebagai keberhasilan ajaib. Korut berjanji tidak akan pernah menggunakan senjata nuklir kecuali ada ancaman nuklir dan provokasi nuklir terhadapnya.

(ina/trz/JPC)