Sabtu, 20 April 2024

REI Expo Catat Transaksi senilai Rp 68 Miliar

Berita Terkait

 

Ketua DPD REI Batam, Achyar Arfan (enam dari kiri) berfoto dengan panitia, jajaran Bank BTN, dan undangan pada acara penutupan REI Expo di Mega Mall Batamcenter, Minggu (22/4) | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pameran Rei Expo 2018 yang digelar Real Estate Indonesia (REI) Batam resmi ditutup di Atrium Timur Mega Mall, Minggu (22/4) sore. Dalam penutupan ini tercatat transaksi Rp 68 miliar, dimana pencapaian ini turun dari target panitia Rp 70 miliar.

Ketua DPD REI Batam, Achyar Arfan mengatakan kegiatan REI Expo ini merupakan promosi. Dan promosi salah satunya cara yang harus dilakukan baik penjualan bagus maupun tidak bagus. Kegiatan REI Expo Oktober 2017 lalu pencapaian Rp 75 miliar, dan kali ini ditargetkan Rp 70 miliar tapi pencapainnya hanya Rp 68 miliar.
“Kita fikir dengan kenaikan dibeberapa proyek, bisa menaikkan target kita, kiranya kenaikan ini tidak merata, malahan turun dari yang target kita tahun kemarin,” kata Ahyar disetelah penutupan.

Ahyar melihat ini semua merupakan tantangan, apakah daya beli yang turun atau yang ditawarkan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebab yang ditawarkan saat ini kebanyakkan apartemen dan rumah mewah, sementara kebutuhan masyarakat Batam banyak di level rumah murah dan subsidi plus dengan kisaran harga Rp 170 juta.
“Kami akan periksa lagi kondisi ini, realnya seperti apa kalau dilihat dari selisih target yang dicapai memang sedikit. Mungkin ada potensi kebutuhan lain yang tidak digarap sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” sebutnya.

Hikmah dari tidak tercapai target ini, kata Ahyar yakni pihaknya akan mereview kembali, mencari solusi baru untuk meningkatkan di kegiatan selanjutnya.
“Hikmahnya mereka akan survive kembali untuk mencari solusi baru,” kata Ahyar.

Sementara itu, untuk even REI Expo selanjutnya akan diadakan 3-14 Oktober 2018 mendatang, Achyar berharap agar kegiatan REI Expo ini tetap memberikan nilai tambah bagi peserta dan masyarakat yang mencari properti.
“Jadikan kegiatan ini sebagai ajang edukasi kalau mau membeli rumah belilah ke peserta REI dan di acara REI Expo,” ajak Achyar.

Ketua panitia REI Expo, Edison memaparkan laporan perkembangan selama kegiatan REI Expo berlangsung baik dan lancar. Tercatat hingga siang tadi Minggu (22/4) transaksi mencapai Rp 68 miliar.
“Mudah-mudahan sampai akhir acara masih yang prospek jadi closing,” kata Edison.

Edison mengatakan pencapaian kegiatan REI Expo kali ini tidak terlepas dari dukung 23 peserta, dimana 18 devoloper Batam dan nasional, dua perbankan BTN Syariah dan BTN, dan selebihnya peserta dari pendukung properti.

Dalam penutupan ini, REI Expo memberikan penghargaan kepada beberapa peserta REI Expo. Yakni, penghargaan stan terbaik yang dinilai dari penampilan desain stannya, dimenangkan oleh PT Agung Podomoro Land. Stan terfavorit di nilai dari jumlah pengunjung dimenangkan oleh PT Taman Kurnia Djaja Makmur Abadi. Dan stan unit terbanyak, 17 unit terjual selama REI Expo dimenangkan oleh Laguna Property Group. Dan penjualan nominal terbanyak Rp 12 miliar diberikan kepada Agung Podomoro Land.

Pameran Rei Expo 2018 ini merupakan yang ke pertama di tahun ini yang berlangsung selama 12 hari dari 10-22 April. Diikuti pengembang-pengembang ternama seperti Cipta Group, PT Batam Riau Bertuah, PT Putra Tangkas, PT Pollux Barelang Megasuperblok Meisterstadt, PT Tribatamindo Duta Gotama, PT Dimas Pratama Indah, PT Ekadi Trisakti Mas, PT Triputra Senamustika, PT Makmur Signatur Granitindo, PKP Group.

PT Tanamas Duta Niaga, PT Sri Indah Lestari, PT Indonesian Paradise Property, PT Kurnia Djaja Makmur Abadi (KDA), Central Raya Group, PT Tunas Interior (Onna), Laguna Property Group, PT Edofa Ciptagraha Development, PT Sarana Bangun Sejati, PT Mulia Realty Batindo, PT Gobel Dharma Nusantara. Dan dua perbankan BTN dan BTN Syariah. (ocu)

Update