Sabtu, 20 April 2024

Dua Pelajar SMP 2 Dabo Singkep Tak Ikut UN

Berita Terkait

Suasana ujian

batampos.co.id – Sebanyak dua siswa SMP Negeri II Dabo Singkep tidak mengikuti Ujian Nasional. Keduanya sudah sejak lama tidak masuk sekolah dan dinyatakan telah mengundurkan diri.

“Selain kedua siswa tersebut, seluruh siswa yakni sebanyak 165 siswa mengikuti ujian dengan tertib,” kata Kepala Sekolah SMP Negeri II Sukirno saat ditemui di ruang pengawas sekolah tersebut, Senin (23/4) pagi.

Sukirno juga mengaku tidak ada kendala dalam pelaksanaan ujian nasional pada hari pertama di tahun ini. Seluruh siswa dibagi dalam sembilan ruang ujian. Setiap bangku diisi satu siswa dengan satu meja, suasana hening juga tercipta saat seluruh siswa masuk ke dalam kelas dan menyelesaikan soal.

Seluruh perlengkapan ujian seperti kertas soal dan jawaban semua dalam kondisi tersegel dan masih rapih tertutup. Tidak terjadi kekurangan lembar soal ataupun lembar jawaban. Namun Sukirno menemukan satu kekeliruanya yakni, amplop pengembalian lembar jawaban dengan ujian Bahasa Indonesi, tertulis Bahasa Inggris.

“Kekeliruan kecil saja, tidak sampai mengganggu lancarnya pelaksanaan ujian nasional. Amplop itu juga sudah kami rubah sendiri,” kata Sukirno.

Sementara itu, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) siswa SMP Negeri I yang menggunakan ruang komputer sekolah SMA Negeri II mengalami kendala beberapa jam lamanya. Satu ruang ujian UNBK di sekolah itu tidak terkoneksi dengan jaringan.

“Semua komputer blang, terputus koneksi dari pusat. Kondisi tersebut berlangsung sejak jam 8.00 WIB hingga 10.00 WIB,” kata salah seorang pengawas.

Namun masalah tersebut dapat di atasi setelah jaringan tersambung kembali dan seluruh siswa dapat mengikuti UNKB dengan lancar. (wsa)

Update