Selasa, 23 April 2024

Tahnia, Batam Kota Juara Umum MTQ XXIX Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Kontingen Batam Kota berhasil menjadi juara umum dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX tingkat Kota Batam yang telah ditutup, Senin (23/4). Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta para jawara ini bersiap untuk merebut gelar juara umum MTQ tingkat Provinsi Kepri pada 2020 mendatang.

“Langsung TC (training center, red) ya Pak Erizal. Sehingga 2020 piala (MTQ Kepri) menjadi milik kita lagi,” kata Rudi kepada Kepala Kanwil Kemenag Kota Batam, Erizal Abdullah, saat penutupan MTQ XXIX Kota Batam di Tanjungriau, tadi malam.

Rudi berharap, dalam ajang MTQ tingkat Provinsi Kepri nanti kontingen Kota Batam mampu mempertahankan gelar juara umum. Dalam kesempatan itu Rudi juga mengucapkan terimakasih kepada para qari dan qariah yang telah berpartisipasi dalam ajang MTQ XXIX Kota Batam tahun 2018.

Rudi didampingi Waki Wali Kota Batam Amsakar Achmad juga menyerahkan secara langsung piala juara umum kepada Camat Batam Kota, M Fairus Ramadhan. Sementara juara II diraih kontingen Kecamatan Batuampar, juara III Kecamatan Seibeduk, dan juara harapan diraih kontinen Kecamatan Sekupang.

Rudi berharap kegiatan MTQ tidak hanya menjadi rutinitas lomba saja. Tetap dijadikan momen memperkuat silaturahmi dan ajang memupuk semangat bermasyarakat yang religi dan penuh damai. Sehingga Batam tidak saja unggul di sektor industri, tetapi juga mumpuni dalam urusan agama.

“Dengan demikian maka budaya luar tidak mempengaruhi masyarakat Batam,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam selaku Ketua Panitia MTQ XXIX tingkat Kota Batam, Jefridin dalam sambutannya mengatakan dari tahun ke tahun kualitas dan kuantitas peserta MTQ meningkat. Tahun ini, MTQ tingkat Kota Batam diikuti 528 kafilah.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada para peserta dan masyarakat yang telah menyukseskan acara ini,” kata Jefridin.

Acara MTQ XXIX Kota Batam ini juga dimeriahkan lomba rebana dan bazar PKK. Untuk lomba rebana dimenangkan oleh Kecamatan Seibeduk, juara II Kecamatan Batuampar, Juara III Kecamatan Sekupang, dan juara harapan I diraih Kecamatan Batuaji.

Sementara lomba stan bazar PKK dimenangkan Kecamatan Lubukbaja, juara II Kecamatan Batuaji, juara III diraih Kecamatan Batuampar, dan juara harapan I diraih Kecamatan Sagulung.

Adapun yang menjadi penilaian adalah bidang produk, bidang dekorasi, dan bidang kebersihan. Hadiah diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, kepada masing-masing ketua PKK kecamatan yang menjadi juara.

Penutupan MTQ XXIX tingkat Kota Batam tadi malam sangat meriah. Masyarakat Kota Batam tumpah ruah memadati lapangan Gladi Bakar Jaya Tanjungriau dan dihibur penampilan Zikir Barat dan Dendang Melayu Tanjungriau.

Acara penutupan MTQ diawali dengan pembacaan Al-Qur’an oleh qariah Zulaika Rahma Aulia, juara satu MTQ Tingkat nasional ketegori tilawah. Zulaika juga merupakan juara 1 MTQ tingkat internasional pada tahun 2017 di Iran. (adi)

Update