Kamis, 28 Maret 2024

Angkot Kian Berulah, Warga Desak Dishub dan Polisi Segera Bertindak

Berita Terkait

foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – Warga pengguna jalan di Batuaji dan Sagulung desak Dinas Perhubungan (Dishub) kota Batam dan Satlantas Polresta Barelang untuk segera menertibkan angkot yang ugal-ugalan di jalan raya. Desakan ini cukup beralasan sebab dalam sehari ada saja kecelakaan lalu lintas akibat angkot yang ugal-ugalan itu.

Kecelakaan terakhir terjadi di jalan Brigjen Katamso, Tanjunguncang, Selasa (24/4). Sebua angkot Anugerah menabrak sebuah truk trailer. Beruntung saat kecelakaan fatal itu terjadi angkot tersebut tak ada penumpang. Informasi yang didapat di lapangan, kecelakaan itu karena aksi kebut-kebutan sopir angkot warna biru tersebut.

Sehari sebelumnya kecelakaan serupa juga terjadi depan perumahan Villa Mukakuning. Sebuah angkot jenis Bimbar menabrak. seorang wanita yang mengendarai sepeda motor matik. Akibat kecelakaan itu wanita pemotor tersebut dilarikan ke rumah sakit terdekat. Penyebabnya sama karena angkot terlampu ngebut sehingga mencelakai pengendara lain.

Tidak itu saja sepekan yang lalu kecelakaan juga menimpa seorang pemuda yang mengendarai sepeda motor Satria FU di jalan Seibinti tak jauh dari simpang Fanindo. Pemuda itu terpelanting dari sepeda motornya karena disenggol oleh angkot Bimbar yang melaju kencang dari arah Seibinti ke simpang Fanindo.

Kejadian-kejadian itu membuat warga pengguna jalan di sana tak nyaman. Warga kuatir jika mereka yang akan jadi korban berikutnya jika angkot-angkot tersebut tak segera ditertibkan.

“Selain ngebut-ngebutan, angkot di sini umumnya masa KIR sudah habis. Lampu rem atau sign banyak yang tak berfungsi kalau mau belok atau berhenti tak ada tanda buat pengendara di belakang,” keluh Supriadi, warga Kaveling Nato, Sagulung.

Warga berharap agar Disbub dan pihak Satlantas Polresta Barelang segera ambil tindakan tegas dengan turun menertibkan angkot yang ugal-ugalan tersebut.

“Jarang di sini ada razia angkot. Paling razia sepeda motor di dekat pospol-pospol yang ada oleh Polisi,” ujar Reza, warga lainnya.

Pihak Dishub sendiri sebelumnya berjanji akan segera turun menertibkan angkot-angkot tersebut termasuk angkot berkaca gelap. Namun itu hanya wacana semata sebab sampai siang kemarin belum ada tindakan apapun atas keluhan warga itu. (eja)

Update