Kamis, 18 April 2024

Di Sagulung Kekurangan Jumlah Sekolah

Berita Terkait

Siswi SMPN 9 Sagulung belajar diskusi diteras sekolah, Rabu (25/4). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Antisipasi daya tampung dalam menghadapi PPDB Juni mendatang, Camat Sagulung Reza Khadafy memanggil seluruh kepala sekolah Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), Rabu (25/4), di SMPN 9 Batam.

“Seperti kita ketahui tahun ini mulai zonasi, jadi rapat kali ini membahas kesiapan hingga jarak yang akan diterapkan nantinya,” kata dia.

Reza menungkapkan permasalahan daya tampung ini selalu terjadi setiap tahunnya. Ia menyebutkan untuk tingkat dasar jumlahnya cukup banyak, sedangkan SMP dan SMA negeri terbatas.

“Hal ini ditakutkan jadi masalah. Apalagi orangtua berebut ke negeri. Makanya kami harus memetakan zonasi secepat mungkin,” terang Reza.

Contohnya untuk sekolah dasar, setiap kelurahan hanya memiliki satu sampai tujuh sekolah. Sedangkan SMP dan SMA cukup minim, bahkan ada kelurahan yang tidak memiliki sekolah SMP dan SMA sama sekali, seperti Kelurahan Sungailekop. “Setiap tahun ada tiga ribu siswa yang mau mendaftar dan jumlah ini naik setiap tahunnya. Dan melihat kondisi saat ini pasti tidak akan tertampung. Sekolahnya kurang,” katanya.

Untuk solusinya, ia meminta pihak sekolah swasta untuk ikut berperan mengurai masalah daya tampung tersebut. “Nanti saya koordinasi lagi dengan sekolah swasta, sistem zonasi ini tidak hanya diperuntukkan sekolah negeri saja tapi swasta juga,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga meminta sekolah yang terdapat di wilayah yang kekurangan sekolah dapat menampung mereka, misalkan Kelurahan Sungailangkai yang hanya memiliki satu sekolah dasar.

“Sekolah dasar yang terdapat di sekitar Sungailangkai, dapat menerima anak Sungaiangkai, jangan sampai ada warga yang di situ yang tidak sekolah, kan kasihan,” jelas Reza

Sementara itu, meski alami kekurangan, Reza mengaku sistem zonasi tetap harus diterapkan. Dia menyebutkan sistem zonasi sendiri merupakan upaya pemerintah untuk menghindari penumpukan siswa disalah satu sekolah tertentu.

Keluhan daya tampung juga banyak disampaikan beberapa sekolah di Sagulung. Bahkan karena kekurangan kelas, ada sekolah yang harus menampung lebih dari 50 siswa per kelas.

“Memang ada tadi beberapa kepala sekolah yang mengeluhkan kekurangan kelas,” jelasnya. (une)

Update