Jumat, 29 Maret 2024

Guru di Tambelan Sering Bolos

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi menerima banyak keluhan terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) tenaga pengajar (guru) yang jarang masuk kerja di Kecamatan Tambelan, Bintan.Rata-rata tenaga pengajar yang jarang masuk berasal dari luar Pulau Tambelan yaitu dari Kijang, Tanjungpinang, dan Tanjunguban.

Akibatnya, kelas di wilayah tersebut sering kosong dan tidak ada kegiatan belajar mengajar (KBM). Karena persoalan tersebut, Pemkab Bintan meminta bantuan alumni sekolah yang tinggal di Tambelan untuk mengajar di sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Tambelan.

”Itu solusi sementara untuk menutupi kekosongan tenaga pengajar,” kata Apri.

Diakui Apri, selama ini banyak tenaga pengajar yang menolak ditempatkan di Tambelan. Akibatnya, guru tak mau masuk kerja alias tidak mengajar. Dihubungi terpisah Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Pemkab Bintan, Irma Annisa mengakui dirinya banyak mendengar keluhan tersebut. Hanya saja, pihaknya belum menerima laporan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

”Belum ada sama sekali laporan baik dari UPT maupun kepala sekolahnya,” ujarnya, Rabu (25/4).

Soal sanksi tenaga pengajar yang jarang masuk diberikan sesuai dengan tingkatan kesalahan, mulai teguran tertulis, lisan, hingga pemecatan. Teguran ini biasanya diberikan berjenjang, mulai kepala sekolah sampai kepala dinas.

Jika tenaga pengajar tersebut masih membandel, selanjutnya akan ditangani pihak BKPPD. Setelah diproses dengan disertai bukti seperti absen yang jarang masuk, berikutnya akan dikeluarkan sanksi ringan hingga berat. ”Sanksi terberatnya dipecat,” tegasnya.

Ia mengimbau kepada kepala OPD untuk melaporkan apabila ada oknum tenaga pengajar atau ASN yang jarang masuk kerja. ”Jika ada yang jarang masuk kantor atau malas kerja, laporkan ke kami agar kami proses,” tegasnya.

Untuk diketahui, pada 2017 terdapat sedikitnya 10 ASN dipecat, kemudian tahun ini sudah 20 orang honorer yang diberhentikan karena berbagai alasan. (met)

Update