Selasa, 16 April 2024

Siswi SMA 1 Dabo Singkep Ciptakan Power Bank dari Belimbing

Berita Terkait

Yola (kiri) dan Alfi memperlihatkan power bank belim­bing temuan mereka. F. Wijaya Satria/batampos.co.id

batampos.co.id – Siswi SMA Negeri I Dabo Singkep, berhasil menemukan power bank rakitan berbahan alami. Kedua siswa itu yakni Alfi Sefia Wijaya dan Yola Amanda. Mereka memamerkan temuan pada ajang perlombaan Teknologi Tepat Guna (TTG), di Gedung Nasional Dabo Singkep, Rabu (25/4) siang.

Power bank rakitan penemuan kedua siswa ini sumber tenaga untuk mengisi baterai gadget hanya berbahan belimbing asam, karbon arang, dan air garam. Seluruh bahan yang mudah didapat ini, diramu dalam takaran tertentu dan seterusnya dimasukkan dalam baterai kering bekas yang telah dikeluarkan isinya.

Setelah baterai bekas tersebut penuh dengan adonan belimbing asam, arang, dan air garam, lalu dijadikan satu dalam kotak kayu sederhana dan dirangkai dengan jaringan kabel mini untuk memberikan input kepada gadget.

Menurut Alfi, selain masyarakat sangat membutuhkan daya untuk gadget mereka, power bank hasil karya mereka dijamin ramah lingkungan serta tidak memakan energi berlebihan. Sebab, power bank yang ada saat ini juga membutuhkan daya listrik untuk menyimpan daya. Namun tidak dengan power bank alami milik mereka.

Karena power bank mereka dari bahan karbon arang, garam, dan belimbing maka kedua siswa ini memberikan nama pada temuan mereka dengan nama power bank karambel. “Sesuai dengan bahan yang digunakan,” kata Alfi menjawab pertanyaan Batam Pos di Gedung Nasional, Dabo Singkep.

Karena tidak membutuhkan asupan daya dari listrik, power bank karambel ini nyaman dan aman untuk digunakan di luar ruangan. Terlebih saat berada di tengah-tengah alam terbuka seperti di dalam hutan dan saat mencari ikan di laut.(wsa)

Update