Jumat, 29 Maret 2024

Empat Ruli Hangus Terbakar

Berita Terkait

Petugas kebakaran berusaha memadamkan api yang masih menyala di puing bangunan rumah liar yang berada di Bukit Senyum Batuampar, Kamis (26/4).Kebakaran tersebut menghanguskan sedikitnya empat rumah. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Empat unit rumah liar yang berdiri di bahu jalan Prambanan, Bukit Senyum, Batuampar dilalap si jago merah, Kamis (26/4) sekitar pukul 13.00 WIB.

Kebakaran tersebut diduga disebabkan karena adanya pembakaran sampah di atas bukit. Sehingga, api dari pembakaran sampah itu terbawa angin dan mengenai atap salah satu rumah yang terbakar. Hal tersebut diakui oleh salah satu korban yang rumahnya ikut terbakar.

“Api itu jatuh ke atap rumah saya sama rumah yang disebelah saya. Di atap itu banyak daun kering, jadi besar lah api nya. Makanya sampai terbakar rumah saya,” ujar Alfiana, 53.

Api saat pertama membakar satu rumah, pemilik rumah sedang berada di dalam rumahnya. Mengetahui rumahnya terbakar, Alfiana bersama dengan adiknya mencoba menyelamatkan diri dengan keluar dari rumahnya tanpa sempat menyelamatkan barang di dalam rumahnya.

“Semua habis terbakar, termasuk semua alat tulis sekolah anak saya. Cuma baju yang dipakai sekarang ini aja yang tersisa. Semua habis terbakar,” katanya.

Sekitar pukul 13.30 WIB, empat mobil pemadam kebakaran dari Pemko Batam dan BP Batam turun ke TKP memadamkan api yang sudah membakar empat ruli tersebut. Beruntung saat kebakaran, tak sampai merenggut korban jiwa dari penghuni rumah.

“Kebakarannya sekitar pukul 13.00 WIB tadi, siap adzan. Rumah saya ada delapan kamar untuk kosan, semuanya habis terbakar tak ada yang selamat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Batuampar AKP Ricky Firmansyah mengatakan, awalnya Polsek Batuampar mendapat laporan dari masyarakat mengenai kebakaran itu. Usai mendapatkan informasi itu, dirinya langsung menuju ke lokasi kebakaran dan melihat api telah membesar.

“Ada empat rumah yang terbakar. Posisinya rumah liar ini berdempetan, makanya api cepat membesar,” katanya.

Untuk penyebab kebakaran sendiri, Ricky belum bisa memastikannya. Dugaan sementara, api berasal dari adanya korsleting listrik dari salah satu rumah yang terbakar. Sementara untuk kerugian materil masih belum diketahui.

“Kerugian belum bisa kita tafsir berapa. Yang jelas, kita akan meminta semua pemilik rumah yang terbakar untuk datang ke polsek dan dimintai keterangannya,” imbuhnya. (gie)

Update