Petugas mendata ribuan paspor milik TKI di Kantor Imigrasi Tanjungpinang, Kamis (26/4). F.Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Pihak Imigrasi Tanjungpinang masih melakukan penyelidikan terkait temuan 1.140 paspor milik Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mereka menelusuri tekong TKI maupun dugaan keterlibatan oknum petugas Imigrasi yang menerbitkan paspor TKI tersebut. Kuat dugaan paspor tersebut berkaitan suatu perusahaan jasa pengiriman TKI ke Malaysia.

Iklan

“Bisa jadi berkaitan dengan sindikat pengiriman TKI di Tanjungpinang,” kata Kepala Imigrasi Tanjungpinang Indra Kusuma, Kamis (26/4).

Pihak Imigrasi Tanjungpinang juga memastikan ribuan paspor yang ditemukan tersebut asli. ”Sebanyak 615 paspor dikeluarkan Imigrasi Tanjungpinang. Sisanya dari sejumlah daerah di Indonesia,” bebernya.

Namun identitas yang tercantum belum bisa dibuktikan keasliannya. ”Identitas belum tentu asli, harus ditelusuri satu per satu,” ujarnya.

Terkait dokumen yang ditemukan tersebut, pihak Imigrasi Tanjungpinang akan berkoordinasi dengan Kanwil Hukum dan HAM Kepri. “Kami masih menunggu instruksi, dimusnahkan atau dikirim ke Pusat,” ungkapnya.

Sebelumnya, atas laporan masyarakat, Kodim 0315 Bintan mengamankan sekitar 1.140 paspor, puluhan ijazah, KTP serta Akte Kelahiran di gudang kosong di Jalan Iqro Batu 3 Tanjungpinang, Kamis (19/4) lalu. Paspor dan dokumen tersebut diduga milik TKI yang ditahan perusahaan jasa pengiriman TKI.(odi)