Kamis, 28 Maret 2024

Pemerintah Perketat Penggunaan Keuangan

Berita Terkait

Ilustrasi

batampos.co.id – Pengawasan terhadap penggunaan keuangan pemerintah atas pemeriksaan kegiatan perawatan kendaraan dinas akan diperketat. Hal ini dilakukan seiring kebijakan penggunaan keuangan pemerintah yang juga diperketat.

“Kami sudah mulai di Dinas Bina Marga dan sekretariat,” ucap Jefridin saat membuka Workshop Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Aula Kantor Walikota Batam, Rabu (25/4).

Ia mengatakan, pengawasan akan berlaku untuk dinas atau OPD lain. “Ke depan di Dishub juga yang punya banyak kendaraan. Intinya kami perketat,” ujarnya.

Workshop Maturitas SPIP ini dilaksanakan tiga hari, sampai Jumat (27/4). Kegiatan hari pertama diikuti Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Sedangkan hari kedua dan ketiga diikuti Sekretaris SKPD, serta Kasubbag Program dan Perencanaan SKPD.

“Saya berharap Kepala SKPD mengikuti kegiatan ini dengan baik sampai selesai. Mari bekerja sesuai ketentuan, tidak bekerja dalam kegamangan dan kegalauan,” kata dia.

Jefridin mengatakan pada workshop ini akan disampaikan tentang pentingnya SPIP dalam penyelenggaraan pemerintahan termasuk keuangan. Ia minta peserta memanfaatkan momen ini untuk belajar dari narasumber.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Riau, Panijo.

“Manfaatkan ini, curi ilmu beliau. Beliau tidak pelit dengan ilmu,” ujarnya.

Kepala BPKP Kepri, Panijo mengatakan saat ini tiga pemerintahan daerah di Kepri sudah mendapat level 3 di SPIP. Ketiganya yaitu Pemerintah Provinsi Kepri, Pemerintah Kota Tanjungpinang, dan Pemerintah Kabupaten Karimun.

“Batam belum level 3. Kalau tidak telat kemarin, sudah kategori 3. Tapi berdasarkan hasil laporan pengawasan internal, beberapa SKPD sudah di level 3,” kata Panijo.

Inspektur Inspektorat Pemko Batam, Heriman mengatakan workshop maturitas SPIP ini merupakan bagian dari rencana aksi KPK. Ia mengharapkan dukungan dari seluruh SKPD untuk serius melaksanakan SPIP ini. (adi)

Update