Penjabat Wali Kota Tanjungpinang menerima Piagam Kota Terbaik Kinerja Imunisasi Tingkat Nasional dari Menkes RI, Minggu (29/4). F.Humas dan Protokol Pemko untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Tanjungpinang masuk dalam 10 daftar kota terbaik imunisasi se-Indonesia. Penghargaan capaian kinerja imunisas terbaik selama 2015-2017 ini diberikan Minggu (29/4) kemarin di Gedung Shihibul Barokah, Banten.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk (Dinkesdalduk) Tanjungpinang, Rustam mengatakan, penghargaan yang dianugerahkan Kementerian Kesehatan RI ini memiliki tiga kriteria. ”Cakupan imunisasi di Tanjungpinang tinggi dan merata di seluruh kelurahan,” beber Rustam.

Menurut dia, seluruh kelurahan di Tanjungpinang berhasil mencapai universal coverage. Yakni cakupan di atas 80 persen bahkan ada yang di atas 90 persen. Lalu upaya surveilans, perkembangan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, berjalan dengan baik, lengkap dan berkesinambungan. ”Baik itu surveilans berbasis faskes, yaitu dokter praktik, klinik, Puskesmas dan rumah sakit,” lanjutnya.

Ia menambahkan, termasuk pula surveilans berbasis masyarakat, yang dilaporkan langsung oleh warga, kader dan kelompok masyarakat lainnya. Lalu kriteria ketiga, disampaikan Rustam berkenaan dengan tidak ditemukannya kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi selama lima tahun terakhir. Seperti kasus campak rendah, difetri yang tidak positif, polio dan sebagainya.

Penjabat Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza yang menerima penghargaan dalam rangkaian kegiatan Pekan Imunisasi Dunia dan Hari Malaria Dunia 2018, menganggap penghargaan tersebut merupakan prestasi yang membanggakan.
”Tentu ini merupakan kerjasama semua pihak, dalam mengupayakan imunisasi secara maksimal. Baik Dinkesdalduk, Puskesmas, klinik, rumah bersalin dan kader posyandu,” ucap Ariza.

Dalam sambutan penyerahan penghargaan tersebut, Meknkes RI, Nila F Moeloek menyampaikan, imunisasi merupakan hak anak. Penghargaan tersebut apresiasi kepada Pemda yang berhasil melaksanakan capaian kerja imunisasi dengan baik.
”Penghargaan ini jadi motivasi agar terus menggiatkan imunisasi agar generasi sehat dan unggul,” ujarnya. (aya)

Advertisement
loading...