Iklan

batampos.co.id – Border Stage Festival di Batam mampu menggoyang masyarakat dan wisatawan yang datang ke event yang diselenggarakan di dataran Welcome to Batam, Batam Center, Sabtu (28/4) malam. Suguhan musik jazz dari sejumlah musisi luar negeri dan lokal memancing histeria penonton.

Sajian musik dibuka grup dari Polandia, Gregorz Formula. Sejak para personelnya hadir di panggung, penonton begitu antusias. Teriakan histeris mewarnai sepanjang penampilan mereka. Meski lagu yang dibawakan tidak familiar.

Itulah musik. Sangat universal. Siapapun bisa menikmatinya. Hingga lagu ketiga atau lagu terakhir, Gregorz Formula menciptakan histeria.

Menyusui tampil, penyanyi jazz dari Singapura, Rudy Djoe. Penyanyi yang pernah tampil di Bajafash ini membawa dinamika yang lain. Lebih kalem dan agak menghanyutkan dengan lagu-lagu pop jazz lawas.

Suasana kembali ‘memanas’ saat Ivan Nestorman tampil. Musisi dari Jakarta. Berpenampilan nyentrik dan etnik, Ivan membuat penonton bergoyang bersama dengan lagu-lagu daerah namun jazzy. Penonton terus bergoyang sampai Ivan tampil dan acara selesai.

Sedangkan untuk hari Minggu (29/4) malam, juga digelar Border Stage Festival. Namun di ruang tertutup (indoor) di Hotel Horison Ultima Kings Batam. Tampil musisi jazz dari Jerman bernama Matti Klein dengan bandnya bernama Matti Klein Soul Trio. Musisi dari Malaysia dan lainnya.

Selain musik, Border Stage Festival juga menampilkan seni budaya lokal berupa tarian. Terutama dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Jadi event malam pertama penonton dibawa ‘menjelajah ke Flores, Kupang, dan Ngada di NTT.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata, Guntur Sakti mengatakan Border Stage Festival didukung Kementerian Pariwisata. Sebab event seperti ini salah satu cara menarik wisatawan di crossborder dan daerah lainnya.

“Meski ini baru pertama kali digelar tetapi sudah dikemas dengan baik. Tinggal dikelola saja supaya bisa mendatangkan nilai komersil dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat,” jelas Guntur Sakti disela menonton acara.

Dengan adanya atraksi seperti Border Stage Festival, lanjut Guntur, Batam bisa terus dikunjungi wisatawan mancanegara negara. Sebab Batam salah satu penyumbang jumlah kunjungan wisman ke Indonesia. Kontribusi Batam menempati posisi ketiga setelah Bali dan Jakarta. (*)

Advertisement
loading...