batampos.co.id – Sebanyak 930 buruh akan merayakan Hari Buruh atau May Day di Taman Kota, Pantai Sakera, Tanjunguban, Bintan,Selasa (1/5) pagi. Perwakilan masing-masing serikat akan melakukan orasinya dalam peringatan May Day tersebut.

“Acara dimulai pukul Jam 9.00 WIB,” ujar Ketua SPSI Reformasi Bintan, Darsono, kemarin.

Ia juga menjelaskan terdapat tiga titik kumpul buruh menuju ke lokasi acara. Yakni di Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong dan Lobam Kecamatan Seri Kuala Lobam. Nantinya buruh akan konvoi dengan dikawal petugas kepolisian ke lokasi acara.

Dalam kegiatan terebut mereka akan mengangkat beberapa isu. Di antaranya manajemen yang bekerja di perusahaan asing supaya terbuka dan transparan terhadap nasib buruh. Ia juga akan meminta pekerja yang bekerja di hari libur agar dibayarkan lemburnya. “Buruh yang kerja di Hari Buruh harus dihitung lemburnya. Perusahaan jangan paksakan kalau buruh tidak mau bekerja ketika Hari Buruh,” tegasnya.

Selain orasi, buruh nantinya akan disuguhkan hiburan dan doorprize serta konsumsi yang disediakan pihak Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan TK) Bintan. Sementara itu, Kadis PMPTSP dan TK Kabupaten Bintan Hasfarizal Handra mengatakan, perayaan Hari Buruh dipusatkan di Taman Kota Pantao Sakera, Tanjunguban. Meskipun demikian, ada sebagian pekerja yang melakukan penanaman mangrove di Bintan Lagoon, Lagoi.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan pihaknya bakal mengerahkan sekitar 180 personel untuk kelancaran peringatan Hari Buruh. Pihaknya akan melakukan pengamanan di lokasi penanaman mangrove di Lagoi dan lokasi kegiatan di Taman Kota Pantai Sakera.(met)