batampos.co.id – Rangkaian acara Anugrah Pewarta Foto Indonesia (APFI) terus berlanjut di Gedung Astaka Dataran Engku Puteri Batam Center, Selasa (1/5). Selain pameran, kegiatan nasional ini juga diisi dengan diskusi fotografer nasional, daerah hingga komunitas.

Hari ini, Komunitas Fotografer Batam Indonesia (FBI) menjadi pembicara dalam diskusi mini workshop bertema “Street photography, etika dan konsep”. Ada dua pembicara dalam diskusi bersama komunitas FBI yakni Ramlan Simatupang dan Rendranata Sembiring. Puluhan peserta dari mahasiswa hingga penghobi datang untuk mengikuti diskusi.

Sesi pertama dibuka oleh Ramlan Simatupang dengan diskusi bagaimana membedakan street photography dan human interest. Kemudian dilanjut dengan tema diskusi Strobist yang diangkat Rendranata.

“Komunitas kami baru berdiri sekitar 2 tahun, beranggotakan sekitar 30 orang dari berbagai kalangan,” terang Ramlan yang merupakan Humas FBI.

Menurut dia, FBI sendiri memiliki agenda kelas rutin bulanan. Dimana membahas teknis pengambilan foto dan banyak lainnya.

“Kelas itu untuk sama-sama belajar. Karena pasti ada yang baru untuk dunia fotografi,” imbuh Ramlan.

Sementara Ketua Pelaksana APFI Batam, Immanuel Sebayang menjelaskan pameran APFI 2018 masih berlangsung hingga 5 Mei (Sabtu,red) mendatang. Ada puluhan foto menarik pemenang yang dipajang selama pameran.

“Sedangkan diskusi masih berlangsung hari ini, besok (Rabu, red), dan Kamis,” ujar Noel yang merupakan fotografer senior Batam Pos.

Disisi lain, Immanuel menjelaskan jika FBI adalah salah satu komunitas foto yang cukup exis di Batam. Sehingga diharapkan FBI bisa memberi warna baru dan pengetahuan lain kepada penghobi foto yang menjadi peserta diskusi.

“Lewat diskusi ini harapannya dapat memberi warna baru didunia foto di Batam. Diskusi ini juga melibatkan semu lapisan, mulai masyarakat, penghobi dan mahasiswa,” pungkas Noel.

Untuk agenda diskusi Rabu, 2 Mei akan diisi oleh Immanuel Sebayang dengan tema “Foto dokumentasi rasa jurnalis”. Kemudian dilanjut dengan diskusi “Foto juara” oleh Teguh Prihatna dan Agus Bagjana ( PFI Kepri).

Sedangkan pembicara diskusi Sabtu (5/5) adalah Pewarta Foto Topskor yakni Jesica Margaretha dengan tema “Kreatifitas dalam multi event olahraga”. (She).

Advertisement
loading...