Jumat, 29 Maret 2024

Disdik Tunggu Hasil Camat dan Pihak Sekolah

Berita Terkait

Murid SDN 018 Sagulung berbaris saat mengikuti kegiatan sekolah, Senin (30/4). Tahun ini penerimaan PPDB tidak tertampung karena minim ruang kelas baru. Diharapkan Pemko Batam segera manambahnya supaya tertampung. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam masih menunggu hasil laporan terkait rapat yang dogelar antara camat dan kepala sekolah terkait penerapan sistem zonasi tahun ini.

“Belum semua yang rapat, kami masih menunggu. Setelah itu baru hasilnya kami bahas,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, Rabu (2/5).

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) rencanya akan dimulai akhir Juni mendatang. Ia menyatakan persiapan harus digesa mengingat semakin dekatnya waktu PPDB.

“Kami harapkan minggu depan sudah bisa rapat, sehingga segera disampaikan kepada Pak Wali,” sebutnya.

Ia menjelaskan untuk saat ini sekolah dasar (SD) tidak ada masalah, karena jumlah sekolah cukup banyak. Berbeda dengan SMP negeri yang jumlahnya terbatas.

Mengenai zonasi tidak dihitung berdasarkan letak di satu kecamatan, jika sekolah berada di perbatasan dua kecamatan, siswa bisa bersekolah di sekolah yang terdekat meskipun berbeda kecamatan.

“Seperti di Kecamatan Lubukbaja hanya satu SMPN, jadi mereka yang rumahnya berada diujung-ujung bisa memilih di bersekolah di Batuampar yang terdekat dari rumah mereka,” paparnya.

Mengenai daya tampung sekolah, Hendri melanjutkan satu kelas untuk sekolah dasar akan diisi 28 siswa sedangkan SMP 36 siswa maksimal.

“Ini yang sesuai dengan permendikbud terkait PPDB. Jumlah ini bisa saja berubah jika banyak anak yang mendaftar di negeri nantinya,” sebut pria yang dulu berprofesi sebagai guru ini.

Berdasarkan data dari Disdik Batam tahun ini sedikitnya terdapat 19.875 lulusan TK akan melanjutkan ke tingkat dasar. Sementara itu siswa yang lulus SD mencapai 20.741 yang akan melanjutkan ke jenjang menengah pertama.(yui)

Update