KAPAL pesiar Octopussy terbakar di perairan Dapur 12, Sagulung, Batam, Rabu (2/5) sore. F. Eusebius Sara/Batam Pos

batampos.co.id – Sebuah kapal terbakar di perairan Selat Pulau Air, Dapur 12, Sagulung, Batam, Rabu (2/4) sekitar pukul 17.00 WIB. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran kapal jenis feri itu. Beruntung seluruh kru kapal sebanyak enam orang selamat dalam insiden tersebut.

Sejumlah warga Dapur 12 mengatakan, sebelum terbakar sempat terdengar dua kali ledakan dari dalam kapal. Dari ledakan itulah kami tahu ada kapal terbakar,” ujar ketua RT 02/RW 09 Kampung Tua Dapur 12, Mursidi.

Ledakan yang cukup kuat itu membuat warga kaget dan berhamburan keluar rumah untuk mencari sumber ledakan. Bahkan sebagian warga berencana mendekat ke kapal dengan menggunakan perahu kayu atau pompong.

Namun belum sempat warga berangkat ke lokasi, terlihat sebuah pancung nelayan merapat di pelantar Dapur 12. Pancung tersebut membawa enam orang pria yang belakangan diketahui sebagai kru kapal yang terbakar itu. Enam pria tersebut dalam keadaan selamat tanpa luka atau cedera sedikitpun.

“Kami tak sempat nanya-nanya karena fokus mau ke lokasi kapal itu terbakar,” ujar Mursidi.

Saat warga tiba di lokasi kebakaran, ternyata api sudah membesar dan melumat habis seluruh badan kapal. Ledakan-ledakan kecil lain masih terus terjadi sehingga warga tak berani merapat ke kapal. “Kami tak bisa berbuat banyak. Api sudah besar. Tak ada alat untuk memadamkan api,” ujar Norman, warga lainnya.

Setelah hampir satu jam terbakar, kapal itu berangsur-angsur mulai tenggelam. Hingga pada pukul 18.00 WIB seluruh badan kapal sudah tenggelam. “Ada namanya kapal itu, cuma tak kelihatan lagi karena sudah tenggelam,” tuturnya.

Menurut warga, di dalam kapal tersebut tidak ada penumpang selain enam kru kapal. Mereka menceburkan diri ke laut dan minta pertolongan nelayan yang melintas sebelum kebakaran terjadi.

“Saat mereka (awak kapal) menjauh, baru suara ledakan itu terjadi dan kapal mulai terbakar,” kata Norman lagi.

Hingga berita ini diketik belum ada pihak kepolisian yang mendatangi lokasi kejadian. Dua kapal pemadam kebakaran milik perusahaan galangan kapal terdekat sempat mencoba memadamkan api. Namun upaya tersebut tidak berhasil hingga akhirnya kapal hangus terbakar dan tenggelam. (eja)

Advertisement
loading...