TNI AL memeriksa gigi warga saat bakti sosial di Tiban Lima, Sekupang, Rabu (2/5). Kegiatan ini yang diadakan oleh Mabes TNI AL. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Markas Besar TNI AL (Mabesal) Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno meresmikan sejumlah bangunan fisik yang dibangun oleh jajaran TNI AL melalui program Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut di Batam dan Tanjung Balai Karimun, Rabu (2/5). Di Batam bakti sosial dari TNI AL ini berpusat di masjid Nurul Hidayah, Perumahan Pesona Rhabayun Tiban V, Sekupang.

Iklan

Porgram Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut merupakan wujud aksi nyata dari TNI AL untuk terlibat langsung dengan masyarakat khsusunya masyarakat pesisir. Melalui program ini TNI AL menyalurkan kemampuan mereka untuk membantu masyarakat dengan sentuhan pembangunan fisik dan non fisik.

“Ini rutin tiap bulan. Kebetulan sebulan ini fokus di wilayah Kerja Lantamal IV Tanjungpinang maka kami pilih dua kecamatan di Batam (Sekupang) dan satu lagi di Karimun,” ujar Bambang kepada wartawan di lingkungan Masjid Nurul Hidaya, kemarin.

Pembangunan fisik yang sudah dikerjakan oleh satuan TNI AL tersebut di Batam dan Karimun diantaranya; perbaikan rumah ibadah, peningkatan akses jalan serta perbaikan rumah tidak layak huni. Sementara kegiatan nonfisik meliputi; sosialisasi bahaya narkoba, masalah kelautan, pengobatan gratis hingga memberikan bantuan peralatan olaraga dan perlengkapan sekolah kepada sejumlah sekolah yang membutuhkan.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak sebulan yang lalu. Dua minggu lagi kami lanjutkan ke Natuna. Sama juga ada fisik dan nonfisik,” tuturnya. (eja)