Pengoperasian AC sebaiknya tidak terlalu dingin juga tidak terlalu lama. (Istimewa)

batampos.co.id – AC mobil tak sekadar menyejukkan. Ia bisa melenakan.

Iklan

Menyetel suhu AC yang tepat dapat membuat konidisi stamina pengemudi selalu prima. Banyak orang beranggapan bahwa semakin dingin AC di dalam mobil itu semakin nyaman dan bisa selalu bugar. Menyetel AC terlalu dingin justru bisa mengakibatkan stamina menjadi cepat lelah.

Seperti yang dilansir dari autoevolution.com, pengoperasian AC sebaiknya tidak terlalu lama dan tidak terlalu dingin. Biasakan membuka jendela mobil minimal setiap 2 jam sekali. Hal ini bertujuan untuk mengganti sirkulasi udara yang lebih segar dan lebih banyak ke dalam mobil.

Cukup dengan membuka atau menurunkan sekitar 10 – 15 cm. Jika dirasakan sudah cukup dan sirkulasi udara menjadi lebih baik, silakan kaca ditutup kembali.

Sirkulasi udara di dalam ruang ber-AC cenderung tidak lancar. Sehingga kuman dan bibit penyakit akan terperangkap di udara. Kemudian masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering terkena udara AC cenderung lebih mudah mengalami kelelahan serta mengalami sakit kepala, daripada orang yang lebih sering berada di ruang terbuka. Sebab, kandungan oksigen di luar mobil lebih banyak dibandingkan dengan kandungan oksigen di dalam kabin mobil.

(tjb/JPC)