Gubernur Kepri Nurdin Basirun menekan tombol sirine saat peluncuran dua program layanan terbaru dari Samsat Kepri, Jumat (4/5) di halaman Parkir Samsat Kepri Batam, Batam Center. F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun meluncurkan dua program layanan terbaru dari Samsat Kepri, Jumat (4/5) di halaman Parkir Samsat Kepri di Batam Center. Kedua layanan terbaru tersebut yakni e-Samsat dan Samsat Pos.

Layanan tersebut diluncurkan seiring dengan pencanangan pemberian keringanan pokok pajak kendaraan bermotor dan pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BNKB), serta penghapusan sanksi administrasi. Program ini dilaksanakan selamat empat bulan, dari 1 Mei 2018 hingga 31 Agustus 2018

Pencanangan dilakukan Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan penandatangan kesepakatan e-Samsat dan Samsat Pos dilakukan oleh Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah bersama Kepala Pos Indonesia Sumbagut.

“Saya senang Kantor Samsat terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pendapatan daerah. Semoga semakin banyak inovasi yang dilakukan ke depannya,” ucap Nurdin.

Nurdin mengajak para pegawai untuk menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat. Nurdin berharap masyarakat memanfaatkan program ini. Tiga keringanan ini hendaklah dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin.

“Tujuan kita adalah memberikan pelayanan prima. Hasil pajak ini juga akan kembali ke masyarakat, baik untuk pendidikan, infrastruktur dan lainnya,” kata Nurdin.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Kepri Reni Yusneli mengatakan, berbagai program inovasi yang dilakukan Samsat Kepri bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada wajib pajak.

Di samping itu, untuk memperbaki sistem data kendaraan sehingga lebih terbaru dan mutakhir. “Kami berharap inovasi layanan yang kami lakukan bisa semakin memudahkan para wajib pajak dalam membayar pajak, serta bisa meningkatkan pendapatan daerah,” harap Reni.

Reni menyebutkan layanan e-Samsat bekerjasama dengan Bank BNI dan layanan Samsat Pos bekerjasama dengan Kantor Pos Indonesia. Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan hibah mobil operasional Samsat Keliling sebanyak tiga unit dari Bank Bukopin dan Bank BRI Cabang Tanjungpinang untuk Samsat keliling tiga unit.

Tidak hanya itu, apresiasi juga diberikan kepada wajib pajak taat selama 15 tahun, yakni pemilik motor BP 3369 DE dari Sei Beduk, Tongan Pangabean berupa satu unit motor dan tabungan senilai Rp 2 juta.

Juga diberikan apresiasi kepada pembayar pajak pertama di hari peluncuran untuk dua orang sejumlah masing-masing Rp 2,5 juta. Hingga saat ini Samsat Kepri sudah mempunyai 10 UPT (Unit Pelayanan Teknis) yang tersebar di seluruh Provinsi Kepri. Ditambah dengan tiga Samsat corner mal.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Wadirlantas Polda Kepri, Kepala Cabang Jasa Raharja, Kasat Lantas Polres se-Kepri, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kepri, tokoh masyarakat. (rng)

Advertisement
loading...