Sabtu, 20 April 2024

Dinkes Pemko Batam Bentuk Tim Monitoring Takjil

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Menyambut bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, Dinas Kesehatan Kota Batam membentuk tim monitoring jajanan berbuka atau yang lebih dikenal dengan takjil.

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmardjadi mengatakan tim nanti melibatkan petugas dari masing-masing puskesmas yang ada di kecamatan.

Ia menjelaskan momen puasa sering dimanfaatkan oknum pedagang untuk meraih keuntungan yang berlipat, namun mengabaikan unsur kesehatan.

“Adanya bahan yang tidak sesuai dengan keamanan konsumen itu mungkin saja, maka dari itu tim nanti akan turun dan mengecek takjil ke bazar-bazar ramadan tersebut,” jelas Didi, Jumat (4/5).

Tim yang akan dibentuk ini akan langsung turun tepat hari pertama puasa. Pengecekan dengan mengambil beberapa sampel makanan yang menjadi suughan berbuka puas.

Mantan Direktur RSUP Kepri ini mengungkapkan makanyan yang menjadi perhatian adalah makanan yang memiliki warna yang mencolok.

Nanti pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Makanan dan Obat terkait sidak takjil ini. “ya, kami bisa saja turunnya bersamaan, yang penting keamanan konsumen terjamin,” ungkapnya.

Tahun lalu, Dinkes menemukan jajanan buka puasa yang terindikas mengandung rodamin atau pewarna pakaian. Untuk itu, pria yang berprofesi sebagai dokter kandungan ini, berharap pedagang juga memperhatikan bahan makanan yang akan digunakan.

“Kami inginnya pembeli aman dan pedagang juga menjagga produk yang akan mereka jual,” tutupnya.(yui)

Update