Kamis, 25 April 2024

Biasakan Membaca sejak Dini

Berita Terkait

BUNDA PAUD Kabupaten Karimun, R Azmah Aunur Rafiq membacakan buku di hadapan anak-anak usia dini dalam pencanangan serentak Gernas Baku di Gedung Nilam Sari. F. Sandi/batampos.co.id

batampos.co.id – Pendidikan anak usia dini saat ini memang sudah banyak dilakukan. Namun sebagai orangtua tidak saja mengantarkan anaknya yang masih usia dini ke sekolah tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), tapi juga harus mendampinginya. Salah satu caranya membacakan buku yang dapat memberikan pendidikan.

”Hari ini (Sabtu) serentak se-Indonesia dicanangkan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku). Program ini berasal dar Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuannya untuk menumbuhkan minat baca ke dalam diri anak sejak usia dini,” ujar Bunda Paud Kabupaten Karimun, R Azmah Aunur Rafiq, Sabtu (5/5).

Melalui program Gernas Baku ini, lanjutnya, Pemkab Karimun berharap perilaku orangtua, khususnya ibu yang tugasnya men­dampingin anak usia di­ni, tak hanya sekedar mendampingi, tapi di sela-sela waktu mendampingi tersebut, juga bisa membacakan buku ce­rita yang mendidik dan ber­manfaat di hadapan anaknya. Sehingga saat anak sudah memasuki usia tumbuh besar dan bisa membaca sendiri, hal tersebut akan diingatnya.

”Dengan rajin membaca, maka akan menambah ilmu pengetahuan. Kami menginginkan anak-anak yang masih usia dini nanti saat besar sudah benar-benar menjadi generasi yang tangguh. Sehingga dapat meneruskan pembangunan. Membaca meningkatkan daya saing,” terang R Azmah. (san)

Update