Kamis, 25 April 2024

Hidup Mesti Saling Melengkapi

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat safari subuh di Surau Shirathul Jannah, Lingga, Minggu (6/5). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa manusia tidak bisa hidup sendirian. Semua saling membutuhkan dan saling melengkapi terutama dalam menjalankan kehidupan di dunia.

“Saling tolong-menolonglah dalam kehidupan dan kebaikan,” ujar Nurdin saat safari subuh di Surau Shirathul Jannah, Dabo, Kabupaten Lingga, Minggu (6/5).

Nurdin mengibaratkan agama Islam adalah sebuah bangunan, di sana ada unsur yang membentuknya seperti pasir, semen, air, bata, besi dan lainnya. Semua unsur tersebut tidak ada satupun yang menonjol, semua harus bersatu agar bangunan bisa terbentuk dan kokoh. “Kita akan kuat dan bangkit jika bersatu padu di jalan Allah,” lanjut Nurdin.

Salah satu usaha membangun kekuatan tersebut adalah dengan salat subuh berjamaah. Aktivitas yang memang menjadi kewajiban umat Islam tersebut patutlah diberikan contoh yang baik. Caranya membangun semangat agar umat berbondong-bondong datang.

“Diharapkan safari subuh dapat menjadi budaya yang kekal untuk terus mendulang umat mem­bangun kekuatan tersebut,” tambah Nurdin lagi.

Karakter pribadi juga menjadi perhatian Gubernur apalagi dalam kehidupan bermasyarakat. Menurut Nurdin, kebersamaan perlu dibumbui de­ngan sikap ramah, toleransi dan saling menghorma­ti serta jangan mudah marah.
“Karena marah hanya akan menambah masalah bukan menyelesaikan masalah,” pesan Nurdin.

Terkait pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi di Kabupaten Lingga, secara umum Nurdin berharap event dia tahunan ini menjadi salah satu elemen dalam menonjolkan aspek keagamaan di Kepri. “Niat kita bagaimana alquran terus menggema di Kepri, melahirkan hafiz dan hafizah yang membawa nama daerah. Masyarakat luar menyebut Kepri jika bertanya tentang aspek keagamaan,” tutupnya. (bni)

Update