Jumat, 19 April 2024

Tingkatkan Pelayanan KB di Daerah Perbatasan dan Daerah Tertinggal

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN Nerius Auparay memberikan sambutan sekaligus membuka pertemuan Regional BKKBN di Hotel Harris Batamcenter, Senin (7/5). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pusat menggelar pertemuan regional penguatan tim pelayanan KB bergerk dalam SJSN kesehatan di Hotel Harris Batam Kota, Senin (7/5) sore.

Pertemuan regional ini dihadiri langsung oleh Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN pusat, Nerius Auparay.

Menurut Nerius, pertemuan regional tersebut tak hanya dilakukan di regional tiga saja yakni Batam. Pertemuan serupa sebelumnya juga sudah digelar di Balikpapan untuk wilayah timur dan regional dua di Depok Jabar.

“Pertemuan ini digelar untuk meningkatkan pelayanan KB Bergerak. Ini berkaitan dengan hampir semua organisasi perangkat yang mengelola program KB dan pembangunan keluarga. Hal tersebut kami dukung dengan keberadaan mobil yang kami namakan dengan mobil Muyan. Makanya ada istilah KB Bergerak. KB Bergerak ini semacam nanti ada tim khususnya. Kalau tim di daerah yang sulit dijangkau atau sulit diakses karena infrastruktur atau kondisi geografisnya susah dijangkau menggunakan mobil Muyan ini,” ujar  Nerius.

Jadi, lanjut Nerius, yang disebut dengan KB Bergerak adalah tim yang turun langsung ke daerah-daerah. Kalau daerah yang mudah djangkau dengan mobil pelayanan KB, mobil Muyanlah yang bergerak. Kalau ternyata sulit diakses menggunakan mobil, terpaksa tim sendiri yang turun.

“Tujuan KB Bergerak ini untuk menggarap program KB dan pembangunan keluarga di daerah yang sulit di akses atau dijangkau. Termasuk di Kepri yang sebagian besar wilayahnya pulau-pulau. Jadi ini juga butuh sarana untuk pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan KB,” terang Nerius.

Nerius berharap ke depan pelayanan KB akan bisa ditingkatkan dan menjadi lebih baik lagi demi melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan ada program KB.

“Masing-masing provinsi memang ada targetnya, tapi saya lupa berapa-berapa. Intinya dari pusat meminta kami untuk memaksimalkan pelayanan KB di kepulauan terluar, daerah tertinnggal serta daerah perbatasan seperti di Kepri,” kata Nerius mengakhiri. (gas)

Update