Jumat, 29 Maret 2024

Pengusaha Bebas Pilih KEK atau FTZ

Berita Terkait

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun membebaskan pengusaha memilih fasilitas yang diberikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau Kawasan Free Trade Zone (FTZ). Jika tidak nyaman dengan salah satu fasilitasnya, saran pejabat nomor satu di Pemprov Kepri ini sebaiknya pengusaha memilih ke kawasan lainnya.

Ia menjelaskan, banyak sekali fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada pengusaha di wilayah KEK yang tidak diberikan FTZ.

Soal itu, Pemprov Kepri telah beberapa kali menjelaskan dalam berbagai forum kepada pengusaha soal beberapa fasilitas-fasilitas yang diberikan di wilayah KEk. “Ya insentif-insentif secara detailnya saya kurang ingat. Tapi malah ada pengusaha yang
cepat-cepat minta KEK,” ujarnya.

Ia mempersilakan pengusaha yang merasa nyaman dengan FTZ, silakan tetap di wilayah FTZ. Demikian pula jika merasa nyaman di wilayah KEK.

“Jika di wilayah KEK ingin pindah ke wilayah lainnya silakan kami akan fasilitasi,” ujarnya.

Namun dirinya cenderung berharap KEK karena banyak fasilitas yang diberikan KEK seperti yang diberikan ke KEK Galang Batang.

Untuk di Batam, disebutkannya wilayah industri Kabil juga telah mengajukan KEK. Kemudian Rempang Galang dan Tanjungsauh ke depannya akan menjadi
KEK.

“Kalau mau ke KEK juga kami akan siap membantu,” ujarnya.

Terakhir Gubernur sangat berharap persoalan antara KEK atau FTZ tak meredupkan iklim investasi yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. (met)

Update