Jumat, 29 Maret 2024

Dongkrak Kunjungan Wisman

Berita Terkait

Sejumlah wisatawan asing saat mengunjungi Gedung Daerah Tanjungpinang, belum lama ini. F.Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Tanjungpinang mendapat sorotan secara khusus dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanjungpinang. Terungkap dari catatan yang dilampirkan dalam tanggapan atas Laporan Kerja Pertanggungjawaban Pemko Tanjungpinang, sektor pariwisata adalah sektor masa depan.

Ketua Komisi II DPRD Tanjungpinang, Mimi Betty Williningsih menyatakan, kekosongan jabatan kepala dinas bukan untuk tidak membangun sektor pariwisata. ”Sekarang kan sudah ada Plt dan program juga sudah ada, jadi tinggal dikembangkan dan dimaksimalkan,” kata Mimi, Rabu (9/5) kemarin.

Di antara sekian pekerjaan rumah, Disparbud Tanjungpinang akan terus meningkatkan angka kunjungan wisatawan mancanegara (Wisaman). Kendati target tahun lalu telah terpenuhi, diharapkan pada tahun ini sepaling tidak bisa dipertahankan, dan lebih baik jika kunjungan meningkat.

Selain itu, sambung Mimi, yang tidak kalah penting adalah mengubah arah kerja Disparbud dengan mengorientasikan kegiatan kepariwisataan yang bisa menunjang peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). ”Itu juga penting. Pariwisata sudah semestinya bisa memberikan dampak buat PAD kita,” kata legislator dari Fraksi Partai Golkar ini.

Soal pengisian jabatan utama di sana, Mimi yakin, Pemko Tanjungpinang akan memilih ASN terbaiknya untuk memimpin OPD sentral ini. Kepada siapa pun nanti yang mendapatkan amanah ini, Mimi berharap, ia adalah seorang ASN yang punya wawasan serta berpikir inovatif dalam mengembangkan pariwisata Tanjungpinang.
”Zaman terus berkembang, dan karena itu harus benar-benar dipimpin oleh orang yang kreatif dan inovatif,” pungkas Mimi. (aya)

Update