Jumat, 19 April 2024

Ribuan Usaha Mikro, Hanya 300 yang Punya Izin

Berita Terkait

Usut Korupsi Insentif Pajak di Sidoarjo

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Warga Antre Beli Gas Melon

ilustrasi

batampos.co.id – Saat ini ada ribuan usaha mikro di Batam yang masih aktif.Tetapi baru 300 yang sudah memiliki izin usaha.

“Kalau total UMKM totalnya lebih dari 70 ribu tetapi usaha mikro dan kecil saya kurang paham berapa banyak. Tapi sudah pasti mikro ini ada ribuan jumlahnya. Tetapi sayang, hanya 300 yang memiliki izin usaha mikro,” kata kepala dinas UMKM Kota Batam, Suleman Nababan, Rabu (9/5).

Ia mengatakan, sebagian besar pelaku UMKM bergerak dalam bidang jasa. “Kita harapkan akan semakin banyak pelaku usaha mikro dan kecil yang memiliki izin usaha,”katanya.

Padahal menurut Suleman, dengan memiliki izin usaha maka banyak keuntungan yang didapat pelaku UKM. Termasuk pendampingan dari pemerintah daerah untuk pengembangan usaha UKM tersebut.

“Pemerintah daerah mendampingi pelaku UKM dalam hal ini untuk meningkatkan kapasitas SDM. Selain itu ada juga anggaran atau pun kegiatan dari provinsi dan pusat yang sifatnya untuk pengembangan pelaku UKM,” katanya.

Suleman menambahkan, untuk pengurusan izin usaha mikro saat ini sudah selesai di tingkat kecamatan. Dan pengurusannya pun gratis. “Sebenarnya sangat banyak manfaatnya kalau ada izin usaha mikro. Makanya kita harapkan akan semakin banyak yang mengurus izin usahanya,” katanya.

Sementara itu, anggota komisi II DPRD Kota Batam Mulia Rindo Purba mengatakan pemberdayaan usaha mikro dan kecil ini harus diseriusi pemerintah. Di mana UMKM adalah garda terdepan untuk pengembangan ekonomi di Indonesia.

“Ini memang harus benar-benar kita perhatikan. Harus ada terobosan dari pemerintah untuk memberdayakan pelaku UMKM ini,” katanya.

Menurutnya pemerintah harus bisa cepat merealisasikan gedung yang bisa dijadikan jadi sentra promosi UMKM di Batam. Di mana tempat tersebut bisa menjadi tempat memasarkan produknya.

“Kalau terkait izin itu, harapan kita ada kesadaran dari pelaku UMKM, tetapi juga harus terus disosialisasikan oleh pemerintah kepada pelaku,” katanya. (ian)

Update