Jumat, 29 Maret 2024

Sejalankan Upaya Kota Layak Anak

Berita Terkait

Riono. F: Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Menumbuhkan minat baca anak bisa beragam caranya. Satu di antaranya adalah dengan kegiatan berupa lomba bercerita. Disadari atau tidak, agar anak mampu bercerita di atas panggung perlu lebih dahulu membaca buku.

Hal ini yang membuat Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang masih rutin menggelar lomba bercerita tingkat sekolah dasar. “Memang seperti itu harapannya. Jadi, anak mulai dibiasakan membaca terlebih dahulu sebelum bercerita. Secara tidak langsung, mereka dapat merasakan manfaat dari membaca,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Tanjungpinang Wan Samsi.

Dijelaskan olehnya, bahwa lomba bercerita yang digelar selama dua hari kemarin sifatnya berjenjang. Sehingga juara pertama akan mewakili lomba bercerita tingkat Provinsi Kepri.
Dari 43 peserta, keluar sebagai pemenang pertama adalah Lusi Apriani, utusan dari SD Negeri 012 Bukit Bestari. Atas capaian ini, selain mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan, ia berhak mewakili Tanjungpinang pada lomba bercerita tingkat provinsi.

Setelah Lusi, Nazura Aurelia dari SDN 005 TPI Timur menjadi terbaik kedua, dan Alfazri Ikhsan Rizki dari SDN 014 Bukit Bestari menjadi terbaik ketiga. Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono yang hadir pada penganugerahan pemenang menyatakan, lomba bercerita ini merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca oleh anak-anak.

“Sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak-anak di Kota Tanjungpinang, terutama kreativitas dalam membaca. Ini untuk merangsang kerja otak dan imajinasi mereka dalam menggiatkan dirinya dalam gerakan literasi yang menjadi program pemerintah,” ungkapnya.

Riono juga menjelaskan saat ini pemerintah telah melakukan berbagai program untuk menyalurkan kreativitas anak dan sebagai wujud kepedulian sosial dalam mewujudkan Kota Tanjungpinang sebagai Kota Layak Anak.

“Mari kita dukung sepenuhnya kreativitas yang dimiliki anak-anak kita,” bebernya.(aya)

Update