Jumat, 29 Maret 2024

Tujuh Ribu e-KTP belum Diambil Pemiliknya

Berita Terkait

Pegawai dari salah satu enam kelurahan di Kecamatan Sagulung menunjukkan KTP Elektronik yang sudah dicetak | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak kurang lebih tujuh ribu keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) belum diambil oleh pemohon. Saat ini ribuan e-KTP masih berada di ruang pelayanan Kantor Kecamatan Sekupang.

“Dari 10.932 e-KTP yang sudah jadi, baru tiga ribu yang diambil pemiliknya,” kata Sekretaris Camat (Sekcam) Sekupang, Delferi, Kamis (10/5).

Ia mengungkapkan pasca didistribusikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dua minggu lalu, proses pengambilan e-KTP memang masih dilakukan di kantor kecamatan.

“Awalnya biar tidak tercecer makanya kami pusatkan di kantor camat. Namun melihat rendahnya antusias warga kami akan serahkan ke kelurahan,” sebutnya.

Meskipun pihaknya telah menyampaikan informasi pengambilan e-KTP kepada masing-masing lurah hingga RT/RW nyatanya yang mengambil masih 30 persen dari total e-KTP yang sudah tercetak.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendaftaran dan Infomasi Penduduk, Disdukcapil Batam, Teddy Nuh mengungkapkan masiih rendahnya partisipasi warga untuk mengambil e-KTP di Kantor Camat Sekupang mungkin disebabkan faktor kesibukkan. “Banyak diantara mereka yang bekerja, jadi mungkin belum memiliki waktu,” sebutnya.

Karena faktor ini jugalah, pihak kecamatan mengambil inisiatif dengan membuka pelayanan hingga Sabtu dan Minggu untuk mempercepat pendistribusian e-KTP ini.

“Jadi kami sangat apresiasi juga pihak kecamatan tetap buka walau libur. Ini guna mempermudah warga yang libur bekerja mengambil e-KTPnya,” beber Teddy.

Saat ini semua peralatan sudah dikembalikan ke kecamatan mainland. Semua permohonan warga untuk mendapatkan e-KTP juga telah dipersingkat menjadi lima hari kerja.

“Semua inovasi ini diharapkan mempermudah warga dalam melengkapi dokumen kependudukan mereka,” tutupnya.(yui)

Update