Selasa, 23 April 2024

Libatkan RT/RW Awasi Pilkada

Berita Terkait

Pilwako Tanjungpinang

batampos.co.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tanjungpinang akan melibatkan seluruh ketua RT/RW yang ada dalam mengoptimalisasikan kerja pengawasan Pilkada. Kepada mereka, Panwaslu menekankan arti pengawasan dalam pelaksanaan sebuah pesta demokrasi agar menghasilkan pemilu yang cerdas, adil, jujur, dan transparan.

Ketua Panwaslu Tanjungpinang, Maryamah menitikberatkan agar seluruh Ketua RT/RW di masing-masing wilayahnya bisa mengawasi jikalau ada kemungkinan tim pemenangan pasangan calon yang nekat berbuat politik uang. ā€œBaik itu di masa kampanye seperti sekarang atau di masa tenang jelang pemungutan suara nanti,ā€ ujar Maryamah, kemarin.

Maryamah juga mengakui pihaknya memiliki keterbatasan personel dalam mengawasi pelanggaran-pelanggaran yang bisa saja terjadi di tengah masyarakat. Untuk itu, pola pengawasan partisipatif yang melibatkan warga, termasuk Ketua RT/RW, dinilai sebagai opsi terbaik menuju kesuksesan pelaksanaan Pilkada. ā€œJuga jangan sampai ketinggalan untuk terus menjaga kondusivitas di masing-masing wilayah tempat tinggalnya. Perbedaan pilihan bukan berarti harus jadi pangkal permusuhan,ā€ ujar Maryamah.

Lalu Muhammad Zaini selaku Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga menambahkan, komunikasi dan silaturahmi antara Panwaslu Tanjungpinang dengan forum ketua RT/RW sudah dibangun sejak akhir tahun lalu. Dari sini muncul komitmen untuk sama-sama mendukung pelaksanaan pilkada yang damai di ibu kota Kepri.

ā€œKalau mendapati sesuatu yang berindikasi pelanggaran Pilkada, dapat melaporkan ke Panwaslu. Seperti adanya dugaan politik uang, kampanye di lembaga pendidikan atau di rumah ibadah, melibatkan pihak yang dilarang seperti ASN, anak kecil, atau penggunaan fasilitas pemerintah,ā€ kata Zaini. (aya)

Update