Jumat, 29 Maret 2024

Proyek Gerbang Jembatan Gagal Lelang

Berita Terkait

batampos.co.id – Proyek lanjutan pembangunan gerbang Jembatan I Dompak, Tanjungpinang gagal lelang. Meskipun demikian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertahanan (PUPR) Kepri, Abu Bakar meyakini, pada proses lelang ke II nanti, kesalahan yang terjadi sudah diperbaiki.

“Ya, benar, gagal lelang untuk kelanjutan pembangunan gerbang Jembatan I Dompak. Sekarang ini sedang diperbaiki apa yang diminta oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kepri,” ujar Abu Bakar, kemarin.

Menurutnya, setelah diperbaiki, permintaan lelang akan diajukan kembali. Ditegaskannya, tidak ada persoalan prinsip yang bisa menghambat kelanjutan pembangunan infrastruktur penunjang Jembatan I Dompak tersebut.

Ditanya berapa besar anggaran untuk tahap II nanti ? Abu Bakar mengatakan lebih kurang Rp 4 miliar lebih. “Apa yang kita rancang adalah untuk mempercantik tampilan Jembatan I Dompak. Sehingga infrastruktur tersebut menjadi magnet wisata baru di Tanjungpinang,” papar Abu.

Pembangunan tahap I melalui APBD 2017 lalu sudah menyelesaikan sebagian kegiatan yang sudah dirancang. Dikatakannya, pada pekerjaan lanjutan ini, tidak begitu banyak lagi. Tinggal penyempurnaan gerbang, lokasi parkir, dan tempat jualan bagi pedagang. Sehingga dengan begitu, menjadi lebih tertata.

“Target kita adalah Januari 2019, wajah Dompak sudah mulai terlihat. Makanya waktu yang ada ini, akan dipergunakan maksimal untuk bekerja,” paparnya lagi.
Konsep pembangunan yang diusung adalah mengangkat budaya. Atas dasar itu, pembangunan gerbang mendengar masukan-masukan dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri dan berbagai pihak lainnya yang kompeten. (jpg)

Update