Sabtu, 20 April 2024

Tahnia, Said dan Viorra Jadi Duta GenRe 2018

Berita Terkait

Para pemenang juara 3, 1 dan 2 GenRe 2018

batampos.co.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kepulauan Riau memiliki Duta Generasi Berencana (GenRe) 2018.

Mereka ialah Said Faturrahman dan Viorra. Keduanya asal Tanjungpinang.

Keduanya terilih melalui seleksi dari peserta seluruh Kepri.

Pada babak final panitia mengikutkan 24 peserta.

“Pemenang akan mengemban amanah selama satu tahun menjadi Duta GenRe,” kata Sekertaris BKKBN Kepri, Saifuddin, Minggu (13/5/2018) malam di Hote Sahid, Batam Center.

Sementara itu, pemenang kedua ialah Amri Suganda dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) dan Ulinuha dari SMAN 1 Tanjungpinang.

Serta pada pemenang ketiga diraih oleh Cahyo Setio Widodo mewakili SMAN 4 Karimun, dan Annisa Fithri mewakili SMAN 3 Batam. Demikian seperti disarikan dari laman Antara.

“Kepada setiap Duta GenRe 2018 diharapkan untuk menjadi figur teladan serta motivator di kalangan remaja dan masyarakat. Yang ditekankan dalam pemilihan ini adalah Generasi Berencana, bukan dutanya,” lanjut Saifudiin.

Ia mengatakan ada tiga hal yang perlu dijalankan oleh Duta Mahasiswa GenRe terpilih yaitu respon terhadap lingkungan, menjadi teladan dimana pun berada, dan bagaimana menyampaikan komunikasi dan informasi baik kepada anggota keluarga serta lingkungan masyarakat.

Duta terpilih, kata dia, juga melakukan sosialisasi program GenRe pada remaja yang berada di lingkungan, sekolah, pesantren, perguruan tinggi/akademi, maupun di setiap lapisan masyarakat.

“Mereka juga akan kami libatkan dalam kegiatan-kegiatan BKKBN Kepri di kabupaten dan kota untuk mensosialisasikan program generasi berencana,” kata Saifuddin.

“Dan tentunya melakukan inovasi terbaru serta melanjutkan program Duta GenRe terdahulu agar pada pemilihan di tingkat nasional mendapat hasil terbaik,” tambah Saifuddin.

Pemilihan Duta GenRe oleh BKKBN sudah dilaksanakan sejak 2012 dengan harapan bahwa program generasi berencana ialah mengatakan tidak untuk narkoba, seks pranikah, dan menunda usia pernikahan akan lebih efektif.

“Kalau yang menyampaikan sesama mereka yang masih muda tentu hasilnya akan lebih efektif dibanding BKKBN atau pemerintah daerah, sehingga dilakukan pemilihan tersebut,” kata dia.

Bagi pemenang I, mereka akan mewakili provinsi Kepulauan Riau pada ajang pemilihan Duta Generasi Berencana tingkat nasional. (*)

 

Update