Jumat, 19 April 2024

Destinasi Wisata Perlu Dipercantik

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Sekda Kepri TS Arif Fadillah meninjau kawasan wisata pemandian air panas di Dabo, Lingga, akhir pekan lalu. F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajak Pemda dan masyarakat di Kepri agar menjaga potensi wisata yang sudah ada. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata.

“Wisata selain menjadi ciri khas daerah juga dapat menjadi sumber pendapatan daerah,” ujar Nurdin di Pelabuhan VIP Telagapunggur, Batam, Senin (14/5).
Nurdin menyampaikan hal itu sesaat sebelum bertolak ke Dabo, Lingga, menjelang penutupan MTQ VII Provinsi Kepri.

Kepada pemerintah daerah, Nurdin mengajak bersama-sama bagaimana meningkatkan potensi wisata tersebut menjadi lebih menarik lagi. “Pemda harus jeli melihat dan menangkap peluang, kelola yang sudah ada, peningkatan pendapatan bisa dihasilkan,” tambah Nurdin.

Pekan lalu, sebelum membuka MTQ, Nurdin bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri TS Arif Fadillah meninjau tempat wisata yang ramai di Kabupaten Lingga, salah satunya air terjun. Saat itu, Nurdin melihat ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar semakin menarik wisatawan berkunjung.

“Genangan air bagusnya di-tampung lalu buat kursi santai di sekitarnya. Kolam di sekitar air terjun juga sebaiknya direnovasi dan diberi keramik,” pesan Nurdin kepada Wakil Bupati Lingga M Nizar yang ikut mendampingi rombongan.

Nurdin juga meminta pengelola air terjun menjaga jangan sampai terjadi pencemaran di area air terjun. Supaya kemurnian airnya tetap terjaga. Sebelum meninggalkan lokasi air terjun, Nurdin menuju ke lokasi kantin yang berjejer di tepi air terjun. Di sana ia menyapa pedagang sembari ikut membantu berjualan.

Tidak hanya itu, gubernur juga mentraktir jajanan ringan yang ada di kedai tersebut, kemudian diberikan kepada pengunjung yang berada di lokasi. Nurdin juga memberi hadiah satu unit mesin penggiling es batu kepada penjual es. “Semoga mesin baru nanti bermanfaat dan jualan ibu lebih laris lagi,” tutup Nurdin. (bni)

Update