Iklan

batampos.co.id – Stok kebutuhan po­kok atau sembako di wilayah Ka­bupaten Karimun secara umum men­cukupi. Khususnya, untuk me­menuhi kebutuhan masyarakat se­lama Ramadan, jika tidak ada per­mainan distributor dan p­e­daga­n­g.

”Kami sudah turun ke lapangan. Alhamdulillah, data lapangan dan laporan yang masuk sama, stok sembako aman di daerah kita ini,” ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq, Selasa (15/5).

Kondisi ini didukung dengan lan­carnya kapal-kapal yang me­ngangkut kebutuhan dari Pulau Ja­wa ke Karimun. Kemudian ditam­bah pasokan menggunakan truk-truk melalui kapal roro. Khususnya yang membawa sayur dan buah-bu­ahan.

Bupati berharap para dis­tibutor, agen, dan pengecer ti­dak mengambil kesempatan mena­ikkan harga. Sebab sudah sama-sa­ma diketahui selama Ramadan hi­ngga mendekati Lebaran, permin­taan terhadap kebutuhan pokok meningkat. Kalau pun harus ada kenaikan, jangan sampai kenaikan yang memberatkan masyarakat.

”Kalau kenaikan terhadap satu jenis kebutuhan pokok itu seribu atau dua ribu rupiah, itu masih wajar. Tapi, kalau sampai naiknya Rp 5 ribu ke atas, itu sudah tidak wajar. Karena, pasokan kebutuhan pokok saat ini lancar,” ujar Rafiq.

Bupati mengimbau semua pihak ikut mengawasi di lapangan, khu­s­us­nya Satgas Pangan yang bakal ru­­tin memantau. ”Jangan melaku­k­an penimbunan. Sewaktu-wakt­u pe­merintah bersama aparat kepo­lisian (Satgas Pangan) akan tu­run ke lapangan sidak,” katanya.(san)

Advertisement
loading...