Iklan
ilustrasi

batampos.co.id – Tim Satuan Tugas (satgas) Pangan Kepri menyurati pedagang daging seluruh Batam. Surat edaran ini meminta pedagang dan distributor daging mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh TPID (tim pengendalian inflasi daerah).

Harga daging beku sesuai penetapan dari TPID, satu kilogramnya Rp 78 ribu. Namun saat sidak, tim satgas pangan menemukan harga daging dikisaran Rp 86 ribu.

“Kami dari tim satgas pangan, melalui Disperindag akan memberi surat edaran terkait harga daging yang melebihi ketetapan,” kata Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Kepri AKBP Aris, Selasa (15/5).

Dari temuan tim satgas pangan, naiknya harga daging ini akibat ulah para pedagang. Sedangkan dari distributor telah menjual dengan harga yang relatif cukup murah. Ia mengatakan tingginya harga daging ini ditemukan tim satgas pangan di Pasar Avava dan Puja Bahari, Jodoh.

“Kami temukan saat sidak (Inspeksi mendadak),” ucapnya.

Terkait sidak ini, Aris mengatakan pihaknya akan melakukannya secara berkala. Tak hanya sidak saja, tim satgas pangan akan terus memantau harga sembako selama Ramadan hingga lebaran.

“Sidak ini berkelanjutan, dan kami akan sesering mungkin turun (ke pasar,rd). Agar tak ada pedagang nakal yang menjual sembako melebihi ketentuan,” ujarnya.

Sementara itu Kadisperindag Zarefriadi mengamini bahwa harga sembako di Pasar Avava dan Puja Bahari, relatif normal. Ia menerangkan harga sayur kangkung dan bayam di kisaran 5 ribu perkilonya. Sementara itu bawang putih Rp 20 ribu perkilo, cabe merah Rp 36 ribu perkilo dan udang Rp 80 ribu perkilo.

“Gak naik, masih biasa. Daging aja yang mahal,” ungkapnya.

Terkait harga daging ini, Zaref memiliki pendapat yang sama dengan Kasubdit I Ditreskrimsus AKBP Aris. “Ulah pedagang nakal,” ucapnya.

Ia menghimbau kepada para pedagang untuk tidak memafaatkan momen ramadan mencari keuntungan. Karena untuk harga dari didistributor, tim satgas pangan selalu melakukan pengecekan.

“Jangan berbuat curang, berilah harga sesuai dengan ketentuan yang ada,” katanya. (ska)

Advertisement
loading...