Kamis, 28 Maret 2024

Fokus Benahi Infrastruktur

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyalami pekerja di Pelabuhan Kijang, Kamis (17/5). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun menegaskan, bahwa pemerintah bersama pihak terkait terus membangun komunikasi dan koordinasi untuk meningkatkan pembangunan di Kepulauan Riau. Keterbatasan da­na tak menjadi alasan untuk memperlambat roda pembangunan.

“Pelayanan bagus, infrastruktur bagus, tidak perlu menunggu. Semua akan datang ke Kepri baik investor maupun wisatawan,” ujar Nurdin saat meninjau pelabuhan kargo di Kijang, Bintan, Kamis (17/5).

Nurdin menyarankan kepada Pelindo terus meningkatkan potensi pelabuhan di Kepri. Prospek daerah kepulauan menurutnya sangat tinggi, apalagi menyangkut masalah transportasi lautnya. “Teruslah membangun, kita support penuh,” lanjut Nurdin.

Sebelumnya, Nurdin beserta rombongan berkunjung ke lahan milik PT Pelindo seluas 5 hektare yang berada di Kijang. Di sana direncanakan dibangun gudang seluas dua hektare untuk lokasi penyimpanan barang dari Pelabuhan Kijang. “Lalu lintas kargo akan meningkat, selain itu agar kontainer-kontainer tidak masuk lagi ke kawasan kota, kita pusatkan di sini,” ujar Dirut PT Pelindo I Eka Cahyana.

Di Pelabuhan Kijang, Pelindo I berencana membangun pelabuhan baru untuk terminal barang dan terminal penumpang. Penambahan pan­jang dermaga sepanjang 70 meter diharapkan mampu mengatasi kemacetan dan ke­ter­lambatan arus barang maupun penumpang. “Pelabuhan dan gudang penyimpanan barang kita targetkan selesai akhir tahun ini,” lanjut Eka.

Proyek jalan lingkar di Tanjungpinang sendiri akan melewati Pelabuhan Sri Bintan Pura. Untuk itu gubernur meminta kepada Kepala Dinas PU Abu Bakar berkoordinasi dengan pihak Pelindo agar sinkron dalam pembangunan. “Jangan lupa siapkan lokasi untuk UKM di sana, kearifan lokal juga perlu kita tingkatkan sejalan dengan pembangunan,” tutup Nurdin.

Sidak Pelabuhan
Di hari yang sama, gubernur juga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. Ketika Gubernur datang, melihat antrean di area pelabuhan internasional. Nurdin langsung menginstruksikan agar jangan memperlambat proses administrasi, apalagi kebanyakan yan­g mengantre adalah turis.

“Jangan buat prosedur yang berbelit-belit. Wisman itu salah satu pendapatan daerah untuk kita, buat mereka ingin datang lagi ke Kepri,” kata Nurdin.

Nurdin melanjutkan sidak ke pelabuhan domestik. Di sana ia berpesan kepada para karyawan pelabuhan memberikan pelayanan prima, ramah, dan murah senyum.
“Janganlah berteriak-teriak lagi, jadwal keberangkatan kan sudah ada, fokus layani masyarakat dengan prima,” pesan Nurdin.

Dia menginginkan setiap pemberi layanan terhadap masyarakat terus meningkatkan kualitasnya. Apalagi saat ini Pelabuhan Sri Bintan Pura terus berbenah memperbaiki dan meningkatkan berbagai fasilitas umum pelabuhan. Tentunya ini juga harus didukung kemampuan pengelolaan manajemen yang baik.

“Jangan ada lagi antrean sam­pai berdesak-desakan, jangan buat masyarakat tidak nyaman,” pesan Nurdin.

Menurut Nurdin, masyarakat harus dibuat senang. Segala keluhan akan hilang jika diberi pelayanan terbaik. Dalam sidak gubernur ditemani Dirut Pelindo I Tanjungpinang Eka Cahyana. (hsl)

Update