Jumat, 19 April 2024

Selama Ramadan, Satgas Kebersihan Turun Lebih Awal

Berita Terkait

Usut Korupsi Insentif Pajak di Sidoarjo

Ratusan Tewas akibat Banjir Afghanistan-Pakistan

Petugas kebersihan dari DLH Kota Batam mengangkut sampah di SP Plaza, sagulung. | Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Memasuki bulan Ramadan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam turun lebih awal ke lapangan untuk pengangkutan sampah.

Kepala Bidang Persampahan, DLH, Faisal Novrieco mengatakan saat bulan suci Ramadan terjadi peningkatan aktivitas yang berdampak terhadap sampah yang dihasilkan.

Ia menjelaskan selain lokasi perumahan yang sudah menjadi rutinitas, selama bulan puasa ada banyak tempat jajanan yang beroperasi hingga sahur.

“Aktivitas jualan pasti menambah volume sampah. Jadi mereka turun ke lapangan lebih pagi untuk menyisir lokasi bazar Ramadan tersebut,” ujarnya, Kamis (16/5).

Ia menambahkan, petugas tetap berpuasa meskipun pekerjaan cukup berat. Untuk itu, mereka memilih bekerja lebih pagi, guna memenuhi target sampah yang harus dipenuhi setiap harinya.

“Jadi mereka bisa berbuka bersama keluarga selepas bekerja,” ungkapnya.

Beberapa lokasi yang menjadi target pekerjaan petugas adalah, pasar- pasar hingga lokasi bazar selama Ramadan. Pihaknya juga menyiapkan tim satgas fajar, yang sudah dulu turun ke jalan lebih awal.

“Satgas fajar bekerja di jalan, tapi setelah mereka merampungkan pekerjaan, mereka juga membantu penanganan sampah di tempat lain jika tumpukan meningkat,” terangnya.

Ia mengungkapkan saat ini pihaknya terus berusaha untuk memperbaiki pelayanan persampahan di Batam. Penyerahan sebagian kebijakan ke tingkat kecamatan juga sangat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah. “Initnya kami berusaha mengurangi keluhan terkait sampah,” tutupnya.(yui)

Update