Jumat, 19 April 2024

25 Mei, Pengumuman Ujian Nasional SMP, bukan 23 Mei

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

 

Server down saat ujian. Kebayang galaunya pelajar SMP.
foto: bayu Eka / radar malang

batampos.co.id – Pengumuman ujian nasional (unas) SMP/MTs, 25 Mei 2018, bukan 23 Mei.

Pemberitahuan pengunduran pengumuman hasil unas tersebut terdapat di Instagram Kemendikbud. Dalam akun itu, terdapat foto surat edaran dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kepala BSNP Bambang Suryadi membenarkan adanya kabar tersebut.

“Benar diundur,” katanya kemarin (18/5).

Bambang mengatakan bahwa pengumuman diundur agar tidak ada jeda terlalu lama antara penyerahan hasil dan peng­umuman kelulusan dari satuan pendidikan.

“Pengumuman di tingkat satuan pendidikan pada 28 Mei,” ucapnya.

Penyerahan hasil dari panitia tingkat pusat ke panitia tingkat provinsi juga diundur. Jika jadwal semula pada hari ini (18/5), penyerahan hasil dari panitia tingkat pusat akan dilakukan pada 22 Mei.

Ketika ditanya kenapa tidak bisa tepat waktu untuk diserahkan pada 18 Mei, Bambang hanya menjawab bahwa hari ini kementerian libur. “Besok (hari ini, Red) Sabtu, kementerian libur,” paparnya.

Dia menampik bahwa panitia tingkat pusat belum menyelesaikan hasil unas. Pengolahan di tingkat pusat sudah selesai. “Tanggal 22 Mei akan diserahkan ke dinas provinsi,” ucapnya.

Pengunduran itu tidak akan mengubah jadwal penerimaan peserta didik baru (PPDB). “(PPDB) tidak terganggu karena peng­umuman kelulusan dari satuan pendidikan tepat 28 Mei,” ujarnya.

Kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno membenarkan pernyataan Bambang. Perubahan jadwal pengumuman itu bukan terkendala hal-hal teknis.

(lyn/wan/c10/agm)

Update