Senin, 6 Mei 2024

Aplikasi Ini Jadi Wadah Pengaduan

Berita Terkait

batampos.co.id – Kemajuan teknologi mesti dimanfaatkan dalam rangka membangun pelayanan optimal pemerintah ke masyarakat. Dinas Komunikasi dan Informasi Tanjungpinang melihat hal ini sebagai sebuah peluang. Telah dirilis sebuah aplikasi komunikatif bernama UJAR yang bisa diunduh dan dipasang secara gratis di gawai bersistem Android.

Kepala Diskominfo Tanjungpinang Efiyar M. Amin menjelaskan, aplikasi ini bertujuan untuk memperlancar arus informasi dari masyarakat ke pemerintah daerah.
”Selain itu bisa digunakan untuk melayangkan aduan secara langsung ke pemerintah. Jadi, masyarakat tidak lagi harus berhadapan dengan proses panjang birokrasi,” terang Efiyar, kemarin.

UJAR, menurut Efiyar, merupakan singkatan dari kalimat Ujung Jari. Dasar pemikiran pemberian nama UJAR itu adalah bahwa disadari atau tidak, sehari-hari masyarakat hari ini lebih sering beraktivitas dengan gawainya. Entah untuk membuat atau membaca status di media sosial, membaca berita, mencari informasi, berbelanja, mendengarkan musik, atau hal-hal lainnya. Hingga seolah-olah dunia saat ini ada di ujung jari.

Aplikasi UJAR ini, sambung Efiyar, ditujukan untuk menghimpun informasi, laporan, dan pengaduan secara langsung dari masyarakat tentang hal-hal terkait pelayanan publik, program, dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Cara pakainya tidak rumit. Setelah terpasang di gawai, pengguna tinggal melakukan registrasi dengan mengisi nama, alamat, nomor KTP, dan alamat email.
”Tujuannya agar pengaduan yang akan disampaikan dapat dipertanggungjawabkan. Kita berharap aplikasi UJAR ini tidak dipergunakan untuk hal-hal berbau negatif, atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” jelasnya. (aya)

Update