Sabtu, 20 April 2024

Berbaju Kurung selama Ramadan

Berita Terkait

Pelajar SMPN 1 Karimun saat diberi pengarahan oleh guru. F. Tri Haryono/batampos.co

batampos.co.id – Selama Ramadan 1439 H, pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), tetap melaksanakan proses belajar dan mengajar di sekolah. Hanya jam masuk sekolah yang berubah. Biasa-nya pukul 06.45 WIB dimajukan menjadi pukul 07.30 WIB.

Siswa juga akan langsung mengikuti ujian semester genap, mulai Senin (21/5) mendatang selama sepekan. ”Senin kita laksanakan ujian semester di masing-ma­­­sing sekolah. Setelah itu, baru pe­santren kilat selama tiga hari,” kata Sekretaris Di­nas Pendidikan Karimun Riza Kurniati, Jumat (18/5).

Pesantren kilat dilaksanakan selama empat hari secara berturut-turut di setiap sekolah. Sedangkan pelajar yang nonmuslim menyesuaikan kegiatan keagamaan yang diyakini. Kegiatan pesantren kilat tersebut diisi dengan berbagai ilmu keagamaan yang dilaksanakan mulai pagi hingga siang hari.

”Selama Ramadan pelajar menggunakan baju kurung. Sedangkan, tingkat SMA/sederajat ada kewenangannya di provinsi. Tapi, hampir sama saja proses belajarnya,” ungkapnya.

Para pelajar sebelumnya sudah diberitahukan pihak sekolah bahwa mereka tetap masuk sekolah selama Ramadan. Selain itu, mereka juga diberikan pencerahan menjelang pelaksanaan ujian semester genap.(tri)

Update