Jumat, 29 Maret 2024

Royal Wedding Pangeran Inggris

Berita Terkait

foto: Andrew Matthews/Pool via REUTERS

batampos.co.id – Anggun dalam balutan gaun pengantin Givenchy rancangan Clare Waight Keller, Meghan Markle mantap menaiki tangga Kapel St George di Kastil Windsor, Sabtu (19/5). Sesampainya di dalam kapel, Pangeran Charles langsung menyambutnya. Berdua, mereka berjalan menuju altar, tempat Pangeran Harry menanti.

”Ada kekuatan di dalam cinta. Jangan remehkan itu. Siapapun yang pernah jatuh cinta pasti memahaminya,” kata Uskup Michael Curry dalam homili 14 menitnya sebagaimana dilansir Reuters. Rohaniwan Afrika-Amerika itu mengutip kata-kata Martin Luther King (MLK). Homili itu sukses menerbitkan senyum Harry. Sejak misa dimulai, putra bungsu Charles itu terlihat tegang. Lebih tegang dari Markle.

Ketika tiba waktunya bagi Harry dan Markle saling mengucapkan janji setia, perhatian tertuju pasangan beda benua tersebut. Uskup Agung Canterbury Justin Welby meminta Harry dan Markle saling berhadapan. Sebagai mempelai laki-laki, Harry mendapatkan giliran pertama. Sambil menggandeng tangan Markle, pangeran 33 tahun itu mengucapkan janji setianya dengan ekspresi wajah tegang.

Dia lantas menyematkan cincin yang terbuat dari emas Welsh ke tangan pujaan hatinya tersebut. Seketika itu juga, ketegangan lenyap dari wajah Harry. Welby lantas mempersilakan Markle mengikrarkan kesetiaannya.

“Aku Meghan (Markle), menerimamu, Harry, sebagai suamiku mulai hari ini sampai selamanya. Dalam suka maupun duka, kaya maupun miskin, sakit maupun sehat,” ucap perempuan 36 tahun itu.

 REUTERS

Dibandingkan Harry, ekspresi wajah dan bahasa tubuh Markle jauh lebih santai. Dia bahkan sempat tersenyum lebar saat mengucapkan janji yang sama persis dengan yang Harry ucapkan tersebut. Janji setia Markle lantas disempurnakan dengan memasangkan cincin platina di jari manis adik Pangeran William tersebut. Tidak lupa, dia kembali tersenyum lebar.

Welby pun langsung mendeklarasikan Harry dan Markle sebagai pasangan suami istri di hadapan sekitar 200 undangan yang memadati kapel. Menyaksikan sejoli yang selama sebulan terakhir menyedot perhatian dunia itu sah menjadi suami istri, Doria Ragland tak bisa menyembunyikan rasa harunya. Ibunda Markle itu menjadi satu-satunya wakil keluarga yang hadir dalam pernikahan bintang serial Suits tersebut.

Di dalam kapel yang didominasi keluarga besar Kerajaan Inggris itu, tampak pula sejumlah selebriti dunia. Oprah Winfrey yang memakai setelan resmi berwarna salem terlihat mengikuti jalannya misa dengan khusuk. Ada pula Idris Elba dan istri yang datang hampir bersamaan dengan Winfrey. Amal dan George Clooney serta pasangan Victoria dan David Beckham juga duduk di dalam kapel.

Elton John yang merupakan salah satu teman baik mendiang Lady Di juga menghadiri misa siang hari tersebut. Harry yang sangat dekat dengan sang ibu juga khusus mengundang tiga saudara kandung Lady Di. Yakni, Lady Sarah McCorquodale, Lady Jane Fellowes, dan Earl Charles Spencer. Dia bahkan mendapuk Fellowes sebagai lektor yang bertugas membaca nukilan Kitab Suci.

Sejak awal, Harry dan Markle menegaskan bahwa mereka tidak akan mengundang politikus dalam sakramen pernikahan mereka. Maka, tidak terlihat sosok pejabat dan politikus kemarin. Bahkan, Perdana Menteri (PM) Theresa May pun tidak hadir karena memang tidak diundang. Maka, selain masyarakat yang diundang khusus ke perhelatan itu, tamu-tamu undangan adalah teman dan kerabat mempelai serta selebriti dan atlet.

Selain Beckham, ada pula Serena Williams dan suaminya dalam perhelatan itu. James Blunt, penyanyi Inggris sekaligus teman Harry, datang bersama pasangannya. USA Today melaporkan bahwa Chelsy Davy pun hadir dalam pernikahan Harry dan Markle kemarin. Davy yang pernah menyita perhatian media karena berpacaran dengan Harry selama tujuh tahun itu, agaknya, satu-satunya mantan yang hadir.

Bagi Karen Long yang jauh-jauh datang dari Houston, Negara Bagian Texas, AS, untuk menyaksikan idolanya tersebut, pernikahan Harry dan Markle tidak akan pernah dia lupakan. ”Ini kombinasi sempurna budaya Afrika-Amerika dan kerajaan (Inggris),” ujarnya seperti dikutip Associated Press. Kemarin, dia sengaja datang bersama teman-teman dan saudara-saudara kandungnya dalam dandanan ala bridesmaids.

Jonathan Brady/Pool via REUTERS

Setelah misa pernikahan berakhir, Harry dan Markle bergandengan tangan meninggalkan altar. Di pelataran kapel, mereka berciuman. Ribuan massa yang berkumpul di kompleks Kastil Windsor sejak sehari sebelumnya pun berebut mengabadikan momen itu dengan kamera smartphone mereka. Selanjutnya, pasangan pengantin baru itu berkeliling Windsor dengan kereta Ascot Landau.

Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, ikut melambaikan tangan ke arah Harry dan Markle saat kereta dari abad ke-19 itu beranjak meninggalkan pelataran kapel. Demikian juga Charles dan Camilla yang berdiri di samping Ragland. William dan istrinya, Kate Middleton, beserta dua anak mereka ikut mengiringi kepergian Ascot Landau yang ditarik empat kuda itu dengan tawa bahagia. (hep)

Update